Pembalap Honda Marquez Meraih Pole Position di GP Jepang

Sabtu, 24 September 2022 | 16:51 WIB Sumber: Channelnewsasia.com,Reuters
Pembalap Honda Marquez Meraih Pole Position di GP Jepang

ILUSTRASI. Juara MotoGP enam kali Honda Marc Marquez mengakhiri kemarau pole position. ANTARA FOTO/Andika Wahyu/rwa.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Juara MotoGP enam kali Honda Marc Marquez mengakhiri kemarau pole position tiga tahunnya pada Sabtu (24 September) dalam kualifikasi Grand Prix Jepang yang diguyur hujan di Motegi, dengan pemimpin kejuaraan dunia MotoGP, Fabio Quartararo dari Yamaha hanya menempati urutan kesembilan di grid.

Marquez membukukan waktu 1:55.214 untuk merebut pole position di sirkuit yang sama di mana ia mengklaim pole position terakhirnya pada 2019, saat ia berusaha untuk kembali ke puncak MotoGP setelah beberapa tahun didera oleh cedera.

Pembalap Spanyol itu memiliki masalah terus-menerus sejak lengannya patah di Grand Prix Spanyol 2020 dan telah menjalani beberapa operasi sejak saat itu. Dia melewatkan enam putaran kejuaraan setelah Grand Prix Italia di Mugello pada Mei, tetapi kembali pada Grand Prix Aragon minggu lalu setelah pulih dari operasi di lengan kanannya.

Baca Juga: Prospek Cerah Sport Tourism Indonesia, Setelah Perhelatan MotoGP Mandalika

Johann Zarco dari Pramac Ducati menempati posisi kedua dengan Brad Binder dari Red Bull KTM melengkapi barisan depan.

"Saya sangat senang berada di posisi terdepan," kata Marquez. 

"Di pagi hari saya merasa sangat kuat saat basah, dan saya berkata jika basah di sore hari, saya akan mencobanya," tambah Marquez.

“Ini hanya pole position, tetapi dalam situasi kami datang, itu sangat penting. Sangat penting bagi saya, untuk semua staf Jepang, penting bagi masa depan kami untuk mencapai target kecil ini.

Baca Juga: MotoGP Mandalika Telan Rp 2,5 Triliun, Sri Mulyani Beberkan Dampaknya

"Besok dalam kondisi kering, itu akan menjadi balapan yang berbeda, tetapi kami akan merayakannya hari ini," terang Marquez.

Pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales dan Aleix Espargaro masing-masing finis keempat dan keenam, sementara pebalap Ducati Francesco Bagnaia, yang terpaut 10 poin di belakang Quartararo di klasemen keseluruhan, mengalami sore yang mengecewakan di posisi terakhir di Q2.

Enea Bastianini dari Gresini Racing, yang menang di Aragon, akan memulai balapan hari Minggu di posisi ke-15 setelah tersingkir di Q1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru