Pemerintah dan FIFA Memastikan Perhelatan Piala Dunia U20 Akan Berjalan Baik

Selasa, 18 Oktober 2022 | 15:49 WIB Sumber: Kompas.com
Pemerintah dan FIFA Memastikan Perhelatan Piala Dunia U20 Akan Berjalan Baik

ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo bersama Presiden FIFA Gianni Infantino, usai bertemu di Istana Merdeka, Jakarta, 18 Oktober 2022.


PIALA DUNIA - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa pemerintah Indonesia dan Federasi Sepak bola Internasional (FIFA) sepakat untuk memastikan Piala Dunia U20 2023 yang digelar di Indonesia dapat berjalan baik. Hal ini disampaikan Jokowi seusai melakukan pertemuan tertutup dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022). 

"Pemerintah bersama FIFA juga bersepakat untuk memastikan pertandingan Piala Dunia U20 FIFA di Indonesia dapat berjalan baik," kata Jokowi. 

Jokowi mengatakan, pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023 mendatang harus sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh FIFA.

"Semua segi persiapan sampai dengan pelaksanaannya harus dipastikan berjalan sesuai dengan standar FIFA dan ditangani secara baik secara profesional," ujarnya. 

Baca Juga: Jokowi Bertemu Presiden FIFA, Sepakat Transformasi Sepakbola Indonesia Menyeluruh

Jokowi mengungkapkan, pemerintah Indonesia dan FIFA juga telah sepakat bahwa tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 132 orang merupakan pelajaran penting bagi pesekabolaan Indonesia dan dunia sepak bola secara umum. Mantan Wali Kota Solo ini menegaskan bahwa tragedi itu tidak boleh terulang lagi.

Selain itu, jangan sampai kegembiraan penonton pertandingan sepak bola berujung pada duka dan malapetaka. Baca juga: Jokowi Dapat Jersei hingga Bola Piala Dunia dari Presiden FIFA Oleh sebab itu, kata Jokowi, pemerintah dan FIFA sepakat melakukan transformasi sepakbola Indonesia secara menyeluruh. 

"Memastikan semua aspek pertandingan berjalan sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan oleh FIFA baik pemain maupun penonton harus terjamin keamanan dan keselamatannya," kata Jokowi. 
Pemerintah dan FIFA juga sepakat untuk mengkaji kembali kelayakan stadion serta menerapkan teknologi untuk membantu mitigasi aneka potensi yang membahayakan penonton dan pemain.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah dan FIFA Sepakat Memastikan Piala Dunia U20 Berjalan Baik"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru