Pemerintah jaring wisatawan milenial asal Eropa

Rabu, 29 Mei 2019 | 11:30 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Pemerintah jaring wisatawan milenial asal Eropa


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Pariwisata Indonesia dengan brand Wonderful Indonesia dipromosikan dalam Tong Tong Fair (TTF) di Amsterdam Belanda. Pameran berlangsung pada 23 Mei hingga 2 Juni 2019 demi menjaring wisman milenial dari kawasan Eropa.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata Nia Niscaya mengatakan pihaknya berpartisipasi dalam ajang TTF 2019 atas kerja sama dengan tour operator Smaragd Reizen dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Den Haag.

“Kemenpar ambil bagian dalam kegiatan ini untuk menjaring segmen milenial. Sebab, beberapa tahun terakhir milenial rajin mengunjungi TTF,” kata Nia Niscaya dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Rabu (29/5).

Partisipasi Kemenpar berupa dukungan dalam bentuk “awareness campaign”, kontribusi sewa lahan, pembelian slot presentasi untuk “product knowledge 10 destination branding” atau destinasi prioritas, dekorasi booth, dan pendistribusian bahan promosi.

Festival Tong Tong Fair 2019 merupakan festival budaya Asia dan Indonesia terbesar di Belanda dan tahun ini merupakan penyelenggaraan TTF yang ke-61 kalinya.

Nia menambahkan, pada TTF 2019 kali ini pemerintah Indonesia dengan brand Wonderful Indonesia mengenalkan produk wisata unggulan yang diwakili oleh dua travel agent di Belanda yakni Smaragd Reizen dan Merapi Tour & Travel. Selama ini, keduanya tercatat banyak menjual dan memasarkan paket wisata ke Indonesia.

“Produk yang akan ditawarkan adalah implementasi dari strategi tourism hub melalui Singapura dan Kuala Lumpur. Istilahnya, strategi itu untuk ‘menjaring di kolam tetangga yang sudah banyak ikannya’. Strategi ini juga sebagai jawaban dari masih kurangnya jumlah seat dan direct flight dari originasi Eropa ke Indonesia,” jelasnya.

Selain itu, lewat partisipasi ini juga diharapkan dapat terlaksana joint promotion dengan Smaragd Reizen dalam menawarkan paket dual destination (Singapura/Malaysia/Thailand - Indonesia) dengan paket lebih lama tinggal di destinasi Indonesia. Smaragd Reizen adalah salah satu TA/TO di Belanda yang banyak menjual paket Asia Tenggara.

Termasuk Indonesia, meliputi Sumatra, Jawa, dan Bali. Sementara Merapi Tour & Travel juga menawarkan daerah eksotis Indonesia bagian Timur. Antara lain NTT, Papua, dan Kalimantan.

“Dengan melihat musim, dalam waktu dekat peak season kunjungan wisman Belanda ke Indonesia adalah pada Juli dan Agustus. Atau saat mereka liburan musim panas. Periode Mei ini masih menjadi periode booking yang cukup tepat sehingga kami melakukan upaya promosi termasuk melalui festival ini,” tandas Nia.

Setiap tahunnya TTF dihadiri rata-rata lebih dari 80 ribu pengunjung, sebagian di antaranya memiliki keterkaitan dengan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru