Pencari Kerja Catat, Ini Tips Lolos Interview Kerja dan Ciri Kandidat yang Dicari HRD

Jumat, 25 Agustus 2023 | 15:25 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Pencari Kerja Catat, Ini Tips Lolos Interview Kerja dan Ciri Kandidat yang Dicari HRD

ILUSTRASI. Pencari Kerja Catat, Ini Tips Lolos Interview Kerja dan Ciri Kandidat yang Dicari HRD.


Tips Lolos Interview Kerja -  Tahap wawancara kerja atau dikenal juga dengan interview, merupakan tahap penting dalam rekrutmen kerja. Cukup banyak kandidat yang gagal dalam tahap ini karena kurang persiapan.

Agar bisa lolos tahap ini, ada beberapa tips dan trik yang bisa dipelajari oleh pencari kerja. Universitas Airlangga (Unair) menyelenggarakan webinar tentang tips dalam prosesi wawancara kerja.

Adinda Putri Tiffani, TA Assistant dari DKSH Indonesia dalam webinar tersbut menjelaskan bahwa ada lima karakter yang HRD sukai pada calon pencari kerja.

Baca Juga: Resmi! Ini Jadwal Lengkap Pelaksanaan Pendaftaran CPNS dan PPPK Tahun 2023

Pelamar incaran HRD

Adinda menjelaskan, bahwa HRD atau perusahaan senang dengan pelamar yang tepat waktu.

“Rekruiter itu suka kandidat yang tepat waktu. Walaupun kalian mungkin nanti tidak bisa hadir sebelum waktu interview-nya atau mungkin akan sedikit terlambat, penting banget untuk tidak ghosting atau tidak ada informasi in advance kepada rekruiternya,” jelasnya, dikutip dari situs Unair. 

Jika tidak bisa datang sesuai dengan kesepakatan waktu, sambung Adinda, kandidat perlu untuk mengomunikasikan keterlambatannya. 

Tidak berhenti di situ, HRD juga akan melihat sikap dan kesan yang pencari kerja tampilkan ketika wawancara berlangsung.

“Saat datang, berikan gesture yang excited, ceria, tidak lesu. Sebelum memulai memperkenalkan diri kalian bisa mengucapkan terima kasih dahulu telah memberi kesempatan untuk hadir,” terangnya.

Lebih lanjut, penting untuk menjadi diri sendiri dan tidak mengada-ada atas jawaban yang pelamar berikan. 

Namun, Adinda tidak mengatakan jika pelamar bisa memberikan jawaban singkat. Perekrut juga menginginkan keterangan lebih lanjut terkait pengalaman yang ia miliki.

“Misalkan kayak “apakah Anda ada pengalaman di bidang ini?”, terus kemudian Anda hanya menjawab “iya”. Kita perlu sedikit improvisasi, “oh iya saya pernah ada pengalaman ini, di company ini, di tahun segini, saya handle projek ini”, jadi bisa di-elaborate,” paparnya.

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa Teladan Tanoto Foundation Tahun 2023, Ini Syaratnya

Hal-hal yang wajib dihindari pelamar

Pelamar juga harus menghindari kesan yang menjadikan HRD tidak yakin untuk merekrutnya. Adinda menjelaskan sejumlah hal yang perlu pelamar hindari ketika wawancara.

“Yang pertama tadi terlambat, kemudian membaca contekan, biasanya suka ada saat online interview. Kita bisa tahu apakah kandidatnya sedang browsing atau tidak fokus karena sedang melihat contekan,” lanjutnya.

Mempersiapkan jawaban sebelum wawancara tidaklah salah, tetapi beda cerita ketika wawancara sedang berlangsung. 

Pelamar harus mempersiapkan materi dengan matang, termasuk materi-materi tentang perusahaan.

“Terkait company, produk, kenapa dia mau melamar ke perusahaan tersebut. Kadang-kadang mereka belum well research tentang perusahaan itu,” imbuhnya.

Umumnya perusahaan akan menanyakan gaji yang pelamar harapkan. Pertanyaan ini bisa Anda jawab dengan menjelaskan seperti “salary yang saya dapat di kanan company sekian, mungkin boleh di-advice apakah ini masih masuk dengan standar range salary dari posisi yang saya lamar?”.

Dengan gaya penyampaian yang sesuai, Adida menyebut jika dua pihak akan mendapat keuntungan masing-masing. 

Pelamar bisa tetap aman dan mendapatkan informasi yang lebih mendalam, perekrut juga merasa nyaman untuk memberikan informasi yang pelamar tanyakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru