Pendaftaran Taruna STPN Kementerian ATR BPN 2024, Ini Syarat & Link Pendaftaranya

Selasa, 16 April 2024 | 06:41 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Pendaftaran Taruna STPN Kementerian ATR BPN 2024, Ini Syarat & Link Pendaftaranya

ILUSTRASI. Pendaftaran Taruna STPN Kementerian ATR/BPN 2024, Ini Syarat & Link Pendaftaranya. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/wsj.


PERGURUAN TINGGI -  Pendaftaran calon taruna dan taruni Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) tahun 2024 sudah dibuka. 

STPN merupakan sekolah tinggi di bawah naungan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (Kementerian ATR/BPN). 

Bersumber dari situs Penerimaan STPN, kuota penerimaan tahun ini sebanyak 1.080 kota yang terdiri atas 900 kuota Jalur Umum, 80 kuota Jalur Tugas Belajar, dan 100 kuota Jalur Kerja Sama Pemerintah Daerah.

Terdapat dua program studi yang tersedia di penerimaan STPN tahun ini yakni Diploma 4 Pertanahan (D4 Pertanahan) serta Diploma 1 (D1) Pengukuran dan Pemetaan Kadastral (D1 PPK).

Berikut ini persyaratan dan cara mendaftar sebagai calon taruna dan taruni STPN tahun 2024. 

Baca Juga: Besaran Bantuan KIP Kuliah 2024 Buat Mahasiswa Kampus Swasta dan Syarat Daftarnya

Persyaratan STPN 2024 

1. Pria atau wanita Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna total, bebas dari ketergantungan narkoba serta memenuhi standar kesamaptaan dibuktikan dengan tes kesehatan dan kesamaptaan yang dilaksanakan pada saat seleksi tahap akhir.

3. Tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik/ bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya. Kecuali karena ketentuan agama/adat (bagi peserta wanita, tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari satu).

4. Umur peserta tidak lebih dari 30 tahun pada tanggal 31 Agustus 2024 bagi lulusan pendidikan menengah atas (SMA/MA) dan pendidikan menengah kejuruan (SMK/MAK)

5. Tidak menuntut untuk diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara/ASN (PNS/PPPK).

6. Memenuhi kriteria persyaratan sesuai dengan program studi yang dipilih. 

Tata cara mendaftar STPN 2024

1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui Sistem Penerimaan Taruna Baru di penerimaan.stpn.ac.id;

2. Pendaftar harus mempunyai email dari layanan Google, yaitu gmail yang aktif;

3. Pada Sistem Penerimaan Taruna Baru, pendaftar memilih menu Registrasi kemudian pilih Diploma IV Pertanahan Pendaftaran Online, selanjutnya masuk ke menu Mulai Pendaftaran Online untuk mengisi alamat email, nama lengkap dan captcha;

4. Pendaftar akan mendapatkan email konfirmasi pendaftaran yang berisi nomor registrasi, nomor virtual account, biaya pendaftaran dan link pengisian formulir pendaftaran;

5. Pendaftar membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.175.000 berdasarkan PP No. 128 Tahun 2015 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis PNBP yang berlaku pada Lingkungan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN sesuai dengan nomor virtual account Bank BRI (15 digit), kemudian pendaftar akan mendapatkan email konfirmasi yang berisi nomor PIN (6 digit) yang digunakan untuk login dalam pengisian formulir pendaftaran;

Baca Juga: Beasiswa BCA 2024 Buat Siswa Lulusan SMA/SMK, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku

6. Pendaftar mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap, kemudian seluruh berkas pendaftaran discan dan disimpan dalam format .JPG dengan ukuran maksimal 500 KB, kemudian upload berkas pendaftaran tersebut ke Sistem Penerimaan Taruna Baru, berkas pendaftaran terdiri dari hasil scan:

  • Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang warna merah, ukuran 3 x 4 cm;
  • Surat Pernyataan bermaterai Rp.10.000,- tidak menuntut untuk diangkat menjadi ASN (PNS/PPPK).
  • Surat Pernyataan bermaterai Rp.10.000,- bagi pendaftar putri Prodi Diploma IV Pertanahan wajib tidak hamil sampai dengan awal Semester V.
  • Surat Pernyataan bermaterai Rp.10.000,- yang menerangkan bahwa data yang diisikan dalam formulir pendaftaran. Formulir dan surta pernyataan bisa Anda unduh di situs Penerimaan STPN

7. Setelah dilakukan pengisian formulir pendaftaran, simpan data yang telah diisikan.

8. Seluruh isi berkas pendaftaran yang telah di upload harus dapat terbaca dengan jelas dan tidak menimbulkan keraguan yang dapat merugikan pendaftar.

9. Panitia akan melakukan validasi kesesuaian persyaratan sebagaimana tertera dalam formulir pendaftaran dengan berkas-berkas asli. Peserta dinyatakan gugur jika ditemukan adanya ketidaksesuaian antara data persyaratan yang dituliskan dalam formulir pendaftaran dengan data dalam berkas asli.

10. Pendaftar dari jalur kerja sama akan diatur tersendiri melalui MoU dan PKs.

Demikian informasi tentang pendaftaran calon taruna dana taruni STPN 2024. Pendaftaran dibuka hingga tanggal 20 Mei 2024. 

Calon peserta seleksi bisa melakukan pendaftaran secara online melalui situs resmi Penerimaan STPN. 

Informasi lengkap serta pendaftaran calon taruna STPN 2024 bisa Anda lihat di https://penerimaan.stpn.ac.id/.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru