Edukasi

Peneliti: Alien di 1.000 bintang terdekat bisa mengawasi bumi

Minggu, 25 Oktober 2020 | 11:14 WIB Sumber: Kompas.com
Peneliti: Alien di 1.000 bintang terdekat bisa mengawasi bumi

ILUSTRASI. Sinar kosmik kupu-kupu

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selama ini para astronom bekerja keras membuat katalog eksoplanet atau planet di luar Tata Surya mana saja yang terlihat dari Bumi. Tapi saat ini, dua peneliti mencoba membalik gagasan itu. Peneliti mencari tahu apakah eksoplanet dapat 'memantau' dan mendeteksi kehidupan di Bumi seperti para astronom mengamati kehidupan di luar sana. 

Hasilnya, mengutip dari Science Alert, Sabtu (24/10/2020) peneliti menyebut kalau kehidupan di luar Bumi ternyata bisa melihat kita. 

Setidaknya ada sekitar 1004 bintang deret utama yang mirip Matahari dengan planet seperti Bumi yang mengorbit, dapat mengawasi kita dari jauh. Bintang-bintang yang semuanya berada dalam jarak 326 tahun cahaya dari Bumi ini juga disebut peneliti mampu mendeteksi jejak kimiawi kehidupan di Bumi. 

Baca Juga: 9 Perguruan tinggi terbaik Indonesia 2021 versi THE World University Rankings

Lebih lanjut, dari 1004 bintang diidentifikasi dengan zona potensial layak huni. Sebagian besar bintang juga merupakan bintang tipe-M atau katai merah. "Jika para pengamat di luar sana mencari, mereka akan melihat tanda-tanda biosfer di atmosfer Bumi. Dan kita bahkan bisa melihat beberapa bintang yang paling terang di langit tanpa teleskop," ungkap Lisa Kaltenegger, astronom dari Universitas Cornell. 

Menurut peneliti, untuk melihat Bumi, alien di eksoplanet perlu menggunakan teknik yang sama dengan yang dilakukan para astronom, yakni mengamati saat Bumi lewat di depan Matahari untuk mengetahui susunan atmosfer planet yang dikenal sebagai observasi transit. 

"Jika kami menemukan planet dengan biosfer yang hidup, kami akan penasaran apakah ada kehidupan lain yang melihat kami juga atau tidak," tambah Kaltenegger. 

Baca Juga: Ilmuwan muda temukan terapi penyembuhan Covid-19, kantongi hadiah ratusan juta

Dalam studi ini peneliti menggunakan data dari katalog bintang Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) NASA, serta peta bintang Gaia untuk membuat perhitungan bintang mana saja yang dapat melihat Bumi. Penelitian ini akan di terbitkan di Monthly Notices of the Royal Astronomical Society: Letters. (Kontributor Sains, Monika Novena)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Peneliti Sebut Alien di 1000 Bintang Terdekat Bisa Awasi Bumi"

 

Selanjutnya: Riset dan budidaya penting untuk ketahanan pangan

 

Editor: Tendi Mahadi


Terbaru