Pengertian Benda Langit, Lengkap Dengan Contohnya (Bagian Pertama)

Selasa, 28 Desember 2021 | 10:53 WIB   Penulis: Arif Budianto
Pengertian Benda Langit, Lengkap Dengan Contohnya (Bagian Pertama)

ILUSTRASI. Pengertian Benda Langit, Lengkap Dengan Contohnya (Bagian Pertama)


SPACE - Inilah pengertian benda langit, lengkap dengan contohnya (Bagian Pertama). Di bagian pertama ini, kita akan membahas beberapa contoh benda langit lengkap dengan pegertiannya.

Apakah yang dimaksud dengan benda langit? Pertanyaan ini mungkin muncul di benak beberapa orang yang mungkin tertarik dengan hal-hal astronomi.

Benda langit atau objek astronomi sejatinya adalah objek fisik atau struktur yang ada di alam semesta teramati. Alam semesta teramati terdiri dari berbagai galaksi dan materi lainnya yang dapat diamati dari Bumi pada saat ini.

Karenai disebut juga sebagai objek astronomi, tentu saja mengarah objek yang berada di ruang angkasa.

Seperti yang kita ketahui, ada begitu banyak objek yang bertbebaran di ruang angkasa. Supaya dapat memahaminya lebih mudah, mari kita ketahui satu-persatu contoh benda langit.

Contoh Benda Langit (Bagian Pertama):

1. Supernova

Supernova adalah ledakan yang sangat energik dari suatu bintang besar dan masif yang berada di titik tertentu dalam sklus hidupnya. Ini juga disebabkan oleh keruntuhan inti gravitasi di mana dapat memancarkan energi lebih banyak daripada nova (ledakan nuklir kataklismik yang disebabkan oleh hidrogen ke permukaan sebuah katai putih).

Ledakan supernova ini juga dapat bertahan selama beberapa bulan. Hal ini terjadi ketika fusi niklirnya tidak dapat menahan inti dari gravitasinya sendiri dan akhirnya inti runtuh dan meledak.

Supernova juga menandai berakhirnya riwayat suatu bintang. Tidak heran, supernova juga merupakan objek astronomi namun sementara.

Foto Black Hole

2. Lubang hitam (Blackhole)

Lubang hitam atau Blackhole adalah lubang yang berada di luar angkasa. Lubang hitam ini akan menghisap benda-benda langit yang ada di sekitarnya.

Lubang hitam diketahui terjadi karena adanya bintang mati. Karena itu lubang hitam juga kerap kali disebut sebagai kuburan angkasa.

Benda-benda langit yang terhisap ke dalam blackhole terjadi karena gravitasi yang sangat besar di dalamnya.

Lubang hitam atau blackhole juga tidak jarang disamakan dengan wormhole atau lubang cacing atau juga disebut lubang waktu. Kendati demikian, faktanya blackhole tidaklah sama dengan wormhole.

Baca Juga: Asteroid Sebesar Bus Akan Mendekati Bumi Awal Tahun 2022, Apakah Berbahaya?

Editor: Arif Budianto

Terbaru