Pengertian Windows Defender, Fungsi, Kelebihan, dan Kelemahannya bagi Perangkat

Jumat, 28 Juni 2024 | 13:25 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Pengertian Windows Defender, Fungsi, Kelebihan, dan Kelemahannya bagi Perangkat

ILUSTRASI. Ilustrasi program laptop  


CARI TAHU - JAKARTA. Kenali apa itu Windows Defender yang bisa penting dalam keamanan perangkat. Setiap perangkat dengan sistem operasi memerlukan adanya software untuk mengamankan data yang bersifat penting.

Windows Defender atau kerap dikenal sebagai Microsoft Defender Antivirus, adalah perangkat lunak keamanan yang dikembangkan oleh Microsoft dan disertakan dalam sistem operasi Windows.

Pertama kali diperkenalkan sebagai bagian dari Windows XP, Windows Defender telah berevolusi menjadi solusi antivirus yang lengkap dan kini menjadi komponen inti dari keamanan sistem Windows modern.

Fitur Utama Windows Defender adalah proteksi Real-Time yang dapat memindai aktivitas secara terus-menerus untuk mendeteksi dan mencegah ancaman seperti virus, malware, spyware, dan ransomware.

Pada dasarnya, antivirus ini bisa dibuat untuk penggunaan personal untuk setiap perangkat.

Baca Juga: Inilah Cara Mematikan Windows Defender di Laptop, Bisa Sementara dan Permanen

Windows Defender

Anda dapat menyediakan opsi untuk pemindaian berkala yang dapat disesuaikan oleh pengguna, membantu mendeteksi dan membersihkan ancaman yang mungkin tidak tertangkap dalam pemantauan real-time.

Penggunaan teknologi berbasis cloud untuk mendapatkan informasi ancaman terbaru dan meningkatkan kemampuan deteksi malware yang belum pernah ditemukan sebelumnya.

Selain itu, kemampuan untuk mengontrol aplikasi yang dapat diinstal dan dijalankan di sistem, membantu mencegah instalasi perangkat lunak yang tidak sah atau berbahaya.

Apa saja Fungsi Windows Defender?

Berikut ini fungsi dari Windows Defender yang bermanfaat untuk keamanan perangkat.

  • Firewall dan Network Protection: Aplikasi ini dapat mengintegrasikan pengaturan firewall dan perlindungan jaringan untuk membantu menjaga sistem dari akses tidak sah dan serangan berbasis jaringan.
  • Proteksi Browser: Perlindungan dari Windows Defender mencakup ancaman situs web berbahaya dan phishing saat menjelajah internet dengan Microsoft Edge atau Internet Explorer.
  • Proteksi Terhadap Ransomware: Tersedia juga fitur Controlled Folder Access yang membantu melindungi file penting dari modifikasi yang tidak diizinkan oleh aplikasi yang mencurigakan atau berbahaya.
  • Security Intelligence Updates: Memastikan Windows Defender selalu diperbarui dengan definisi ancaman terbaru melalui pembaruan yang didorong secara otomatis.

Seberapa Penting Windows Defender?

Pengguna Laptop maupun perangkat komputer berbasis Windows perlu mengetahui fungsi dari aplikasi ini, dilansir dari Bluevoyant.

1. Keamanan Dasar untuk Semua Pengguna

Windows Defender menjadi lapisan keamanan dasar yang penting bagi semua pengguna Windows. Ini adalah garis pertahanan pertama melawan berbagai ancaman siber yang dapat mempengaruhi sistem operasi Windows.

2. Integrasi dengan Windows

Dengan pengembangan Microsoft dan terintegrasi erat dengan sistem operasi Windows, Windows Defender memiliki keunggulan dalam hal kinerja dan kompatibilitas. Tidak memerlukan instalasi tambahan dan berjalan mulus tanpa konflik dengan sistem operasi.

3. Biaya Murah

Sebagai bagian dari Windows, Windows Defender tidak memerlukan biaya tambahan. Ini menawarkan solusi keamanan yang andal tanpa perlu membeli perangkat lunak antivirus pihak ketiga, yang sangat berguna bagi pengguna rumahan dan usaha kecil.

4. Sederhana dan Mudah Digunakan

Dengan antarmuka pengguna yang dirancang dengan baik, Windows Defender mudah digunakan bahkan oleh pengguna yang kurang berpengalaman. Pengaturan dan pemantauan sistem keamanan dapat dilakukan dengan cepat dan tanpa kerumitan.

Seberapa Kuat Windows Defender?

1. Efektivitas Deteksi Malware

Windows Defender menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam efektivitas deteksi malware. Tes independen dari AV-Comparatives dan AV-Test sering menunjukkan bahwa Windows Defender mampu bersaing dengan solusi antivirus pihak ketiga dalam hal deteksi dan pencegahan ancaman.

2. Perlindungan Ransomware

Dengan fitur seperti Controlled Folder Access, Windows Defender menawarkan perlindungan tambahan terhadap ransomware, yang merupakan salah satu ancaman paling serius bagi pengguna komputer saat ini.

3. Pembaruan Berkelanjutan

Pembaruan definisi ancaman yang sering dan dukungan cloud memastikan bahwa Windows Defender dapat menghadapi ancaman yang terus berkembang.

4. Minimal Gangguan Sistem

Windows Defender dirancang untuk bekerja secara efisien tanpa memperlambat kinerja sistem secara signifikan, memberikan keseimbangan antara keamanan dan kinerja sistem.

Kelebihan dan Kelemahan Windows Defender

Kelebihan

Gratis dan Terintegrasi sehingga tidak ada biaya tambahan dan langsung tersedia di Windows. Efektivitas dari antivirus ini bisa mendeteksi dengan baik, beberapa percobaan yang melibatkan malware, skor yang baik dalam tes deteksi malware independen. Antarmuka yang ramah pengguna dan pengaturan yang mudah.

Kelemahan

Windows Defender tidak menawarkan fitur tambahan yang ditemukan dalam beberapa solusi antivirus premium pihak ketiga, seperti pengelola kata sandi atau VPN.

Selain itu, efektivitasnya sangat tergantung pada pembaruan Windows dan tidak selalu menjadi solusi yang paling kuat dibandingkan dengan beberapa solusi pihak ketiga yang lebih maju.

Itulah penjelasan terkait pentingnya Windows Defender beserta kelebihan dan kelemahan terhadap sistem keamanan software.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru