Pengguna hp android & iPhone disarankan uninstall Google Chrome, ini penyebabnya

Jumat, 12 November 2021 | 11:37 WIB Sumber: Kompas.com
Pengguna hp android & iPhone disarankan uninstall Google Chrome, ini penyebabnya


APLIKASI SMARTPHONE -Jakarta. Pengguna handphone baik android android maupun iPhone disarankan menghapus atau uninstall aplikasi Google Chrome di handphone (hp). Aplikasi Google Chrome di ponsel perlu dihapus atau uninstall penting untuk keamanan data.

Seperti diketahui, saat ini hp android atau iPhone biasanya langsung terpasang aplikasi Google Chrome. Namun Anda perlu uninstall Google Chrome dari hp android atau iPhone.

Ajakan menghapus / uninstall Google Chrome di ponsel ini beredar di internet. Pengguna ponsel diminta uninstall Google Chrome demi keamanan data pribadi.

Baru-baru ini, Forbes menemukan ancaman keamanan data bagi pengguna Google Chrome di ponsel. Ahli kemanan Cyber Zak Doffman mengatakan, Google Chrome memanen data ponsel yang sangat sensitif tanpa disadari pengguna.

Ini merupakan mimpi buruk terbaru bagi privasi data. Bulan lalu, aplikasi Facebook yang terungkap melacak pergerakan pengguna iPhone dan membuka akselerometer perangkat setiap saat.

Facebook adalah pemanen data paling rakus di dunia dan informasi sensitif ini dapat digunakan untuk memantau perilaku, menghubungkan dengan jumlah data yang dikumpulkannya. Namun, Facebook ternyata bukanlah pemanen data paling sukses di dunia, status itu diberikan kepada Google.

Baca juga: 5 Tips ini bisa melindungi perangkat dari serangan ransomware

Tidak seperti Facebook yang terpukul keras oleh kebijakan privasi terbaru Apple, pendapatan iklan digital Google terus melonjak. Sementara Facebook mengumpulkan informasi ini untuk dirinya sendiri, Chrome dengan senang hati mengumpulkannya untuk orang lain.

Mendeteksi sensor gerak

Peneliti Tommy Mysk memperingatkan bahwa sensor gerak dapat diakses oleh semua situs web di Android atau Chrome secara default. Sedangkan Safari/iOS melindungi aksesnya dengan izin.

Namun, Chrome melakukan ini, bahkan saat disetel ke mode penjelajahan pribadi atau "penyamaran".

"Cara Android menangani akselerometer jauh lebih buruk dari Facebook. Aplikasi bahkan dapat membacanya di latar belakang," kata Mysk.

Sederhananya, dengan Chrome, Google bekerja di kedua sisi pagar dalam hal penjelajahan pengguna. Google juga menyediakan infrastruktur pencarian dan iklan digital di balik layar, sambil mengontrol browser front-end yang digunakan.

Masalah ini diperparah oleh filosofi Google dalam hal privasi pengguna, yaitu produk yang akan dimonetisasi mendorong tingkat profitabilitas yang besar.

"Perilaku Anda dapat dilacak di berbagai platform dan layanan, dan informasi tersebut dapat digunakan untuk mendorong platform berpengaruh paling berharga di dunia," kata Doffman.

Sementara Apple menonaktifkan akses sensor gerak secara default, Google tidak hanya mengaktifkan akses itu, tetapi juga memberitahu pengguna bahwa ini adalah pengaturan yang disarankan untuk tetap diaktifkan.

Ini mengindikasikan bahwa menggunakan Chrome di iPhone lebih aman daripada Android karena Apple memblokir jenis pengambilan data ini untuk semua browser.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengguna Diajak Hapus Google Chrome di Ponsel Android, Ada Apa?",


Penulis : Ahmad Naufal Dzulfaroh
Editor : Rendika Ferri Kurniawan

Selanjutnya: Ada ajakan hapus Google Chrome di ponsel Android, apa yang terjadi?

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru