Pengguna TikTok Kehilangan Akses ke Lagu Taylor Swift dan Billie Eilish

Jumat, 02 Februari 2024 | 09:43 WIB Sumber: Channelnewsasia.com,Reuters
Pengguna TikTok Kehilangan Akses ke Lagu Taylor Swift dan Billie Eilish

ILUSTRASI. Pengguna TikTok tidak lagi dapat membuat video dengan lagu-lagu dari Taylor Swift, Jon Batiste, boygenius, dan artis Universal Music Group. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration


TIKTOK - JAKARTA. Pengguna TikTok tidak lagi dapat membuat video dengan lagu-lagu dari Taylor Swift, Jon Batiste, boygenius, dan artis Universal Music Group lainnya sebagai soundtrack, karena negosiasi kontrak antara kedua perusahaan telah gagal.

Akses TikTok ke sejumlah besar artis Universal berakhir pada hari Rabu, setelah negosiasi berbulan-bulan gagal menghasilkan kesepakatan baru dengan perusahaan musik terbesar di dunia. TikTok mulai membisukan video pendek yang menampilkan artis label tersebut.

Perselisihan tingkat tinggi ini meletus ketika para eksekutif dan artis industri musik berkumpul di Los Angeles untuk menghadiri upacara penghargaan Grammy pada hari Minggu.

“Perjanjian kami dengan TikTok telah berakhir karena keengganan TikTok untuk memberikan kompensasi yang pantas kepada artis dan penulis lagu, melindungi artis manusia dari efek berbahaya AI, dan mengatasi masalah keamanan online bagi pengguna TikTok,” kata juru bicara Universal dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis.

Baca Juga: Lagu Taylor Swift, Blackpink, BTS Akan Dihapus dari TikTok, Ini Alasannya

Label tersebut meminta TikTok untuk memberi kompensasi kepada artis dengan tarif yang sepadan dengan apa yang dibayar oleh platform media sosial lainnya. Kini, musik hanya menyumbang 1 persen dari total pendapatan - meskipun musik adalah bagian inti dari pengalaman di aplikasi, Universal Music mengatakan dalam surat terbuka yang diterbitkan Selasa.

Universal Music juga mengatakan TikTok membiarkan platformnya "dibanjiri" dengan rekaman yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan, sehingga mengurangi jumlah royalti bagi artis. Hal ini juga menimbulkan kekhawatiran tentang "konten bermasalah", seperti gambar seksual Billie Eilish, yang dilaporkan menjadi viral dan dilihat oleh jutaan orang sebelum dihapus karena melanggar pedoman komunitas.

Dalam pernyataan sebelumnya, TikTok mengatakan Universal Music menempatkan keserakahan di atas kepentingan artis dan penulis lagunya. Platform video sosial tersebut mengatakan label musik tersebut meninggalkan platform promosi kuatnya yang menjangkau lebih dari satu miliar pengguna.

“TikTok telah mampu mencapai kesepakatan mengutamakan artis dengan setiap label dan penerbit lainnya,” kata TikTok dalam pernyataannya. 

Baca Juga: Fitur AI TikTok Bantu Bikin Lagu Sendiri, Simak Cara Menggunakannya

“Jelas, tindakan Universal yang mementingkan diri sendiri bukanlah demi kepentingan artis, penulis lagu, dan penggemar,” tambahnya.

Pada hari Kamis, akun TikTok Taylor Swift, yang memiliki 23,9 juta pengikut, menampilkan pemberitahuan yang bertuliskan "Musik saat ini tidak tersedia." Peringatan itu muncul di bawah tab yang sebelumnya memungkinkan pengguna menelusuri lagu-lagu Swift.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru