Pengguna Wajib Tahu! Cara Mematikan Laptop dengan Baik & Benar, Jangan Sembarangan

Jumat, 01 Juli 2022 | 10:10 WIB   Penulis: Arif Budianto
Pengguna Wajib Tahu! Cara Mematikan Laptop dengan Baik & Benar, Jangan Sembarangan

ILUSTRASI. Pengguna Wajib Tahu! Cara Mematikan Laptop dengan Baik & Benar, Jangan Sembarangan


LAPTOP - Pengguna wajib tahu! Begini cara mematikan laptop dengan baik dan benar, jangan sembarangan. Jika Anda mematikan laptop sembarangan, kemungkinan akan timbul permasalahan berikut ini.

Mungkin beberapa pengguna laptop masih belum memahami cara mematikan laptop dengan baik dan benar. Asal laptopnya mati atau mungkin langsung menutup layar, mereka pikir perangkat tersebut sudah dalam keadaan mati.

Memang tidak salah, beberapa laptop dengan spesifikasi tertentu mendukung fitur tersebut.

Seperti yang kita ketahui, laptop yang umum ditemukan menggunakan sistem operasi atau yang juga dikenal Operating System (OS) bernama Windows.

Mulai dari Windows 7, 8, 8.1, 10 atau bahkan yang versi terbaru yakni Windows 11.

Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana cara mematikan laptop yang baik dan benar di OS Windows. Definisi mematikan laptop adalah membuat perangkat tersebut berada dalam keadaan mati.

ilustrasi laptop

Baca Juga: Cara Bikin Icebergify Spotify, Gampang Banget Ternyata Cuma Begini Lho

Artinya semua komponen laptop benar-benar tidak bekerja, termasuk layar, fan atau kipas hingga hardisk dalam keadaan mati. Dalam kondisi inilah, laptop Anda sudah bisa dimasukkan ke dalam tas atau tempat penyimpanan lainnya.

Berikut ini cara yang baik dan benar ketika Anda ingin mematikan laptop. Pastikan Anda telah menyelesaikan pekerjaan di laptop tersebut dan sudah menyimpan semua pekerjaan yang terakhir dilakukan.

Cara mematikan laptop yang baik dan benar:

  1. Tekan tombol Start Menu.
  2. Selanjutnya tekan icon bergambar Power Button.
  3. Pilih Shut down 
  4. Tunggu proses Shut down selesai sampai semua komponen benar-benar mati, biasanya ditandai dengan kipas yang berhenti berputar.

Ada pun cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mematikan laptop yang masih sesuai dengan prosedur baik dan benar. Cara mematikan laptop yang ini jauh lebih praktis, simak selengkapnya berikut ini.

Editor: Arif Budianto

Terbaru