Pengumuman SNBP 26 Maret 2024, Ini yang Perlu Dilakukan Siswa Jika Lulus atau Tidak

Selasa, 05 Maret 2024 | 08:06 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Pengumuman SNBP 26 Maret 2024, Ini yang Perlu Dilakukan Siswa Jika Lulus atau Tidak

ILUSTRASI. Pengumuman SNBP 26 Maret 2024, Ini yang Perlu Dilakukan Siswa Jika Lulus atau Tidak. ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko/nz


PERGURUAN TINGGI -  Pengumuman jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi atau SNBP akan diumumkan pada tanggal 26 Maret 2024. 

Jadwal ini sesuai dengan jadwal yang dirilis secara resmi oleh SNPMB BPPP Kemendikbud Ristek. 

Bersumber dari data SNPMB BPPP, jumlah total pendaftar jalur SNBP mencapai 702.312 peserta. 

Baca Juga: Lolos SNBP Boleh Daftar SNBT? Pahami Syarat dan Ketentuan Daftar SNBT 2024

Tentu tidak semua peserta bisa lulus seleksi dan diterima di kampus impian. Oleh sebab itu siswa perlu mempersiapkan strategi jika nantinya dinyatakan lulus atau tidak lulus jalur ini. 

Merangkum Instagram Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) Kemendikbud Ristek, berikut ini yang perlu siswa lakukan jika lulus SNBP 2024 atau tidak. 

Yang perlu lakukan jika lulus SNBP 2024

Ketika dinyatakan lulus salah satu pilihan program studi jalur SNBP 2024, siswa tentunya sangat senang. 

Kegembiraan tersebut jangan sampai membuat Anda lupa dan gegabah karena langkah selanjutnya setelah dinyatakan lulus sangat penting. 

Setelah dinyatakan lulus SNBP 2024, berikut ini hal-hal yang perlu Anda lakukan:

1. Membaca dan memahami peraturan kampus yang menerima Anda. Sebab, setiap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) memiliki ketentuan dan persyaratan registrasi ulang yang berbeda. Selain itu periode registrasi satu kampus dengan yang lain juga bisa berbeda sehingga Anda harus memahami peraturan tersebut. 

2. Langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi berkas yang sudah dikumpulkan seperti KTP hingga kartu peserta SNBP. Dokumen tersebut nantinya akan dibawa dan diverifikasi langsung oleh pihak kampus. 

3. Kemudian Anda juga wajib melakukan registrasi atau daftar ulang sesuai dengan ketentuan dari kampus. Jangan sampai Anda salah melakukan registrasi sehingga menyebabkan Anda dinyatakan mengundurkan diri dari jalur SNBP. 

Baca Juga: Ketentuan Memilih Jurusan UTBK-SNBT 2024, Bisa Pilih hingga 4 Jurusan Berbeda!

Yang perlu lakukan jika tidak lulus SNBP 2024

Mengingat kuota yang terbatas, siswa peserta SNBP tidak semuanya dapat diterima di pilihan 1 atau pilihan 2. 

Bagi siswa yang belum beruntung di jalur ini jangan berkecil hati. Anda masih memiliki beberapa opsi untuk melanjutkan pendidikan di kampus impian. 

Di bawah ini langkah yang perlu Anda lakukan jika belum beruntung di jalur SNBP 2024. 

1. Mempersiapkan diri mengikuti UTBK-SNBT dengan berlatih soal-soal sesuai dengan materi yang akan diujikan di jalur ini. 

2. Mempertimbangkan jalur mandiri kampus sebagai pilihan seleksi masuk perguruan tinggi. Untuk jalur ini Anda harus mengecek secara berkala di situs resmi masing-masing kampus. Sebab setiap kampus memiliki jadwal tersendiri untuk jalur mandiri. 

Demikian informasi tentang hal-hal yang perlu siswa lakukan saat dinyatakan lulus atau tidak lulus jalur SNBP 2024. 

Apapun hasil seleksi yang Anda terima, Anda sudah melakukan yang terbaik. Jika belum sesuai dengan harapan, tetap semangat karena masih ada jalur masuk lain yang bisa Anda ikuti. 

Persiapkan dari sekarang untuk menghadapi jalur UTBK-SNBT dan jalur mandiri agar Anda lebih siap menghadapi kedua jalur tersebut.

Siswa juga bisa mempertimbangkan untuk memilih kampus swasta karena cukup banyak kampus swasta bergengsi yang kualitasnya tidak kalah dengan kampus negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru