Penting buat pemburu beasiswa, ini tips jitu membuat motivation letter beasiswa

Kamis, 21 Oktober 2021 | 11:32 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Penting buat pemburu beasiswa, ini tips jitu membuat motivation letter beasiswa

ILUSTRASI. Penting buat pemburu beasiswa, ini tips jitu membuat motivation letter beasiswa.

KONTAN.CO.ID -  Hampir semua program beasiswa mensyaratkan pendaftarnya untuk membuat motivation letter. Agar sukses membuatnya, berikut ini tips jitu yang bisa Anda ikuti. 

Motivation letter atau esai tentang motivasi diri adalah salah satu dokumen penting yang menjadi syarat untuk mendaftar beasiswa. 

Dokumen ini menjadi media pemberi beasiswa untuk melihat motivasi, cita-cita hingga latar belakang calon penerima beasiswa. 

Dalam esai tersebut pemberi beasiswa juga bisa mengetahui kelebihan serta capaian yang sudah diraih peserta. 

Baca Juga: Download video YouTube tanpa aplikasi pakai 3 cara ini, ada banyak pilihan resolusi

Agar bisa mendapatkan nilai tambah dan menarik minat pemberi beasiswa, membuat motivation letter tentu tidak boleh sembarangan. 

Direktorat Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud Ristek memberikan tips jitu menulis motivation letter beasiswa melalui Instagramnya. 

Apa saja tips membuat motivation letter tersebut? Mari simak bersama tips berikut ini. 

Tips jitu membuat motivation letter beasiswa

1. Pertama Anda perlu menyiapkan kerangka tulisan. Hal ini bisa memudahkan alur penulisan serta menjaga struktur tulisan sejak awal. 

2. Kenali diri Anda lebih jauh. Pahami apa saja keunggulan, kekurangan, pengalaman, cita-cita, tujuan hidup, hingga alasan mengapa ingin melanjutkan pendidikan. 

3. Jangan lupa untuk melakukan banyak riset serta mencari informasi tentang karakteristik kampus dan jurusan yang akan dituju. 

4. Untuk memperkuat motivation letter yang Anda buat, berikan bukti konkret atas pencapaian yang telah Anda raih selama menempuh pendidikan di instansi sebelumnya.

5. Tips terakhir untuk membuat motivation letter adalah memastikan semua informasi yang disampaikan komprehensif dan memiliki korelasi kuat antara kemampuan dan pengalaman dengan jurusan yang akan dituju. 

Selain membuat motivation letter dengan baik, jangan lupa perhatikan persyaratan lain seperti ijazah hingga transkrip nilai agar sukses mendapatkan beasiswa impian.

Selanjutnya: Ada lowongan di BUMN Hotel Indonesia Group di banyak posisi, simak infonya ini

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru