Penting untuk mahasiswa, ini 5 alasan kenapa harus mengambil mata kuliah magang

Minggu, 13 September 2020 | 06:00 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Penting untuk mahasiswa, ini 5 alasan kenapa harus mengambil mata kuliah magang


EDUKASI -  Sering mahasiswa enggan mengambil mata kuliah magang, atau magang secara mandiri. Padahal ada banyak alasan mengapa magang penting bagi untuk mereka. 

Magang dibutuhkan mahasiswa sebagai pengenalan terhadap dunia kerja. Program ini bisa membuat mahasiswa lebih mengenal bagaimana profesional bekerja. Mereka juga bisa belajar untuk bekerja secara profesional.

Magang juga bisa menyingkat waktu beradaptasi saat mahasiswa mulai bekerja. Jika tidak ada mata kuliah magang di jurusan Anda, ada banyak lowongan magang yang bisa Anda coba. 

Terlepas dari kewajiban mendapat nilai, ada banyak manfaat dari magang. Lalu apa saja alasan kenapa mahasiswa harus mengikuti magang? Bersumber dari Indeed dan Medium, berikut 5 alasan mengapa magang penting untuk mahasiswa. 

Baca juga: Katalog promo Tupperware September 2020, ada potongan harga untuk pisau 

  • Membantu menentukan peminatan kerja

Banyak mahasiswa yang masih bingung mereka ingin bekerja dimana. Imbasnya, saat mereka lulus mereka kebingungan memilih posisi saat melamar pekerjaan. 

Dengan magang, mahasiswa bisa tahu tentang minatnya. Mereka juga bisa menambah skill baru saat melakukan magang di perusahaan. 

  • Memberikan gambaran bagaimana dunia kerja

Banyak film atau drama yang menggambarkan dunia kerja jauh dari kenyataan. Banyak mahasiswa yang "tertipu" karena ternyata dunia kerja tidak seperti yang diharapkan. 

Magang berfungsi sebagai "pengenal" mahasiswa ke dunia kerja. Mereka akan belajar tentang lingkungan hingga politik di dunia kerja. 

Saat lulus nanti, sedikit banyak mahasiswa bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan kerja. Hal ini tentu menjadi nilai plus karena kinerja menjadi lebih cepat. 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru