Penting untuk pekerja, ini 4 cara meningkatkan kemampuan berpikir kreatif

Kamis, 15 Oktober 2020 | 14:58 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Penting untuk pekerja, ini 4 cara meningkatkan kemampuan berpikir kreatif

ILUSTRASI. Penting untuk pekerja, ini 4 cara meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.


KONTAN.CO.ID -  Salah satu kemampuan yang perlu dimiliki pekerja sekarang adalah berpikir kreatif. Dengan kemampuan kreatif, karyawan bisa memiliki ide baru untuk terobosan bisnis perusahaan.

Bersumber dari Indeed.com, kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan untuk menghasilkan ide baru yang original.  Pekerja bisa mengembangkan solusi yang baru untuk suatu masalah. Solusi tersebut bisa saja tidak pernah terpikirkan sebelumnya. 

Daftar Isi

Kemampuan ini membutuhkan kemampuan problem solving yang baik. Selain itu pekerja juga membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik untuk menyelesaikan masalah.  Kemampuan berpikir kreatif bisa dilatih agar terus berkembang. 

Dihimpun KONTAN.co.id dari Inc. dan Indeed.com, berikut cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.

  • Mencari informasi di luar zona nyaman

Agar pola pikir Anda lebih bervariasi, cobalah untuk keluar dari zona nyaman.  Jika mendapatkan sebuah masalah, Anda bisa mulai mencari jawaban di luar lingkungan kerja atau pertemanan. 

Cara ini bisa memperkaya cara Anda melihat suatu masalah. Efeknya, Anda mendapatkan beragam opsi pemecahan masalah dari banyak sudut pandang. 

Baca Juga: 6 Faktor sederhana ini bisa berdampak besar saat wawancara kerja, apa saja?

  • Menonton film dengan genre yang berbeda

Menonton film bisa menjadi media untuk mengasah cara berpikir kreatif.  Jika selama ini Anda suka genre romance misalnya, cobalah mencari genre lain.

Otak akan terpacu untuk menyerap informasi yang berbeda dengan cara ini. Setelah selesai menonton film, ide baru akan bermunculan. 

  • Melakukan kegiatan baru

Mencoba kegiatan baru akan membuat otak berpikir dari sisi yang berbeda. Cobalah untuk mencoba hobi baru atau mengambil jalan yang berbeda saat pulang kerja. 

Melakukan gal batu juga melatih otak agar terhindar dari gangguan penyakit otak. Cara ini cocok untuk meningkatkan kemampuan otak.

Jika tiba-tiba ide Anda terhenti, menulis bisa membantu melancarkan ide. Siapkan kertas kosong lalu mulailah menulis secara acak. Dari tulisan-tulisan tersebut, Anda bisa menemukan ide-ide baru yang original.

Selanjutnya: UU Cipta Kerja dikhawatirkan menciptakan sumber korupsi baru

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru