Penting untuk pelajar, ini cara melatih kemampuan membaca cepat

Rabu, 28 Oktober 2020 | 10:22 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Penting untuk pelajar, ini cara melatih kemampuan membaca cepat

ILUSTRASI. Penting untuk pelajar, ini cara melatih kemampuan membaca cepat. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

KONTAN.CO.ID -  Pernahkan Anda merasa kesulitan mengerjakan soal dengan teks panjang? Dengan waktu ujian yang singkat, soal teks panjang menjadi tantangan tersendiri. 

Soal-soal seperti bahasa Indonesia dan Inggris biasanya memiliki teks yang panjang. Untuk situasi seperti ini, kemampuan membaca cepat sangat dibutuhkan. 

Membaca cepat, dilansir dari Mindtools, adalah proses mengenali dan menyerap informasi dalam kalimat pada suatu teks dalam waktu yang cepat. 

Rata-rata kecepatan membaca manusia adalah 250 kata per menit. Dalam membaca cepat, seseorang bisa membaca lebih dari jumlah tersebut. 

Seorang ahli membaca cepat bahkan bisa membaca dengan kecepatan 1000 kata per menit. Anda tidak perlu sampai di angka ini, cukup 500 kata per menit sudah baik. 

membaca cepat

Ada banyak manfaat yang bisa didapat jika menguasai skill membaca cepat. Kemampuan ini sangat dibutuhkan untuk pelajar terutama saat ujian. 

Bagaimana cara melatih skill membaca cepat? KONTAN.co.id sudah menghimpun beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat. 

Cara-cara di bawah ini dihimpun dari Mindtools dan Cleverism.

  • Jauhkan segala gangguan

Agar latihan membaca cepat Anda efektif, jauhkan segala gangguan. Carilah tempat yang tenang agar Anda lebih fokus membaca. 

Usahakan menggunakan ponsel hanya untuk mengukur waktu dan kecepatan membaca. Pastikan ponsel dalam mode diam atau getar agar Anda tidak terganggu. 

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru