Perasaan dan kesehatan anjing dilihat dari posisi dan kebiasaan tidur

Rabu, 28 Juli 2021 | 13:30 WIB Sumber: Dog Time
Perasaan dan kesehatan anjing dilihat dari posisi dan kebiasaan tidur

Dilansir dari dogtime.com, kebiasaan tidur dapat memberikan petunjuk tentang kesehatan dan kebahagiaan anjing.

Anjing biasanya memiliki posisi tidur favorit. Umumnya, seekor anjing akan tidur miring untuk menandakan bahwa mereka rileks dan santai. Posisi ini juga akan membuat mereka lebih bebas bergerak saat tidur.

Anjing seringkali juga tidur meringkuk (hidung ke ekor) untuk melindungi diri, menjaga kehangatan, dan membuatnya mudah bangun dengan cepat. Posisi ini juga bergantung dengan kenyamanan yang ingin dicari oleh anjing.

Baca Juga: Manfaat daun ketapang sebagai obat alami ikan hias

Hal ini dapat berubah berdasarkan empat mereka tidur, dengan siapa mereka tidur, atau jika merasakan hal tertentu. Ketika mereka merasa sakit atau cidera, posisi tidur anjing juga akan mengalami perubahan. Anjing biasanya akan kesulitan atau gusar menemukan posisi tidur saat kesakitan. Saat Anda merasakan kejanggalan ini, sebaiknya segera periksakan anjing ke dokter untuk mengecek kondisinya.

Pernahkah Anda memperhatikan anjing dan mengecek apakah hewan kesayangan Anda telah tidur dengan nyenyak?

Saat siang hari, anjing mungkin akan tertidur untuk beristirahat atau ketika mereka bosan. Sebenarnya, mereka tidak sedang benar-benar tidur. Ini merupakan tidur ringan di mana mereka masih tetap terjaga dengan lingkungan sekitarnya.

Anda bisa memperhatikan apakah telinga anjing akan bergerak atau tidak saat mendengar sesuatu. Jika anjing tampak bosan, Anda dapat melakukan sesuatu yang menyenangkan seperti bermain untuk menghapus kebosanan anjing Anda, sehingga dia dapat tertidur nyenyak nanti malam.

Baca Juga: Ini tujuan sesungguhnya kucing makan rumput-rumputan

Sama seperti manusia, anjing juga bisa mengigau saat tidur. Terkadang mereka akan mengalami kedutan, mengibaskan ekor, menendang kaki, atau sesekali menggonggong. Mereka mungkin sedang memperagakan mimpi mereka. Ini adalah bagian dari tidur yang nyenyak dan merupakan hal yang biasa.    

Namun, jika gerakan tidur yang dialami anjing Anda sangat gusar, merengek, dan menggonggong keras, ada kemungkinan bahwa dia sedang mengalami mimpi buruk. Jika ini terjadi, Anda dapat menenangkannya dengan mengusap lembut punggung anjing dan memanggilnya lembut.

Saat anjing mengalami kedutan yang tak normal dan lama, Anda dapat memanggil untuk membuatnya terbangun, Jika anjing Anda terbangun dan mendengar, mungkin itu hanya mimpi yang intens. Akan tetapi jika anjing tak segera sadar, bisa jadi itu adalah tanda kejang yang harus segera mendapat penanganan medis.

Oleh karena itu, memperhatikan bagaimana hewan peliharaan Anda tidur sangat diperlukan untuk mengetahui kondisi kesehatan anjing. Lamanya waktu tidur anjing juga merupakan gambaran kesehatannya. Anjing yang terlalu banyak tidur mungkin disebabkan oleh faktor stres, pola makan, kekurangan kadar tiorid, dan diabetes.

Selanjutnya: Bahaya Mengonsumsi Bawang Bagi Kucing

Editor: Anggi Miftasha
Terbaru