Perbedaan CV Kreatif dan CV TS Friendly serta Waktu Tepat Menggunakannya

Senin, 03 Oktober 2022 | 13:53 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Perbedaan CV Kreatif dan CV TS Friendly serta Waktu Tepat Menggunakannya

ILUSTRASI. Perbedaan CV Kreatif dan CV TS Friendly serta Waktu Tepat Menggunakannya.

KONTAN.CO.ID -  Anda pasti sudah sering mendengar bahkan membuat Curriculum Vitae atau CV, baik untuk mendaftar organisasi hingga pekerjaan. Tahukah Anda bahwa setiap CV memiliki waktu tepat untuk menggunakannya?

CV berasal dari bahasa Latin yang berarti jalan hidup. CV berisi informasi data diri terkait dengan kelahiran, jenjang pendidikan, kemampuan, pengalaman, hingga prestasi yang pernah diraih seseorang.

Agar CV yang dibuat lebih baik dan maksimal, Universitas Airlangga (Unair) menggelar bootcamp tentang cara membuat CV yang baik dan benar. 

Dalam bootcamp tersebut, Retno Pratiwi, Head of Human Resources pada CV Sinar Baja Electric Co. Ltd, memberikan informasi apa saja yang perlu ditulis serta jenis-jenis CV.

Baca Juga: Masih Dibuka, Ini Posisi dan Syarat Daftar Lowongan Kerja di BPJS Kesehatan 2022

Perbedaan CV kreatif dan CV ATS Friendly

Retno menyampaikan dalam membuat CV tidak perlu menuliskan riwayat atau perjalanan hidup secara panjang lebar atau bertele-tele. 

Sebaliknya, lebih baik menampilkan pencapaian dan perjalanan hidup yang menunjang nilai jual sehingga akan dilirik recruiter.

“CV itu ada dua macam, ada CV kreatif dan CV ATS friendly. Dalam CV, dicantumkan macam-macam informasi. Untuk pendidikan, cukup dua jenjang terakhir yang ditulis,” paparnya seperti dikutip dari situs Unair.

CV ATS friendly, khusus digunakan untuk melamar ke perusahaan teknologi berskala global, start up unicorn, perusahaan multinasional, BUMN, atau corporate

Sedangkan CV kreatif digunakan untuk melamar ke industri kreatif, digital agency, small medium enterprise, dan perusahaan lokal.

“Jangan lupa tonjolkan nilai jual kita di CV kita. Misalnya, kita punya kemampuan public speaking, ya tonjolkan hal tersebut di dalam summary,” tuturnya.

Menurut Retno, CV yang efektif adalah CV yang menonjolkan kemampuan yang sesuai dengan pekerjaan yang akan dilamar. 

Misalnya, saat melamar ke bagian marketing, maka kemampuan yang dibutuhkan adalah kemampuan komunikasi dan penjualan.

Baca Juga: Gas Air Mata: Kandungan, Gejala yang Timbul, dan Cara Mengatasi Jika Terkena Tear Gas

“Untuk CV kreatif tidak disarankan menggunakan foto yang terlalu formal seperti foto KTP. Boleh menggunakan foto yang semi formal asalkan sopan dan jelas seperti tidak menggunakan kacamata hitam,” ulasnya.

CV ATS friendly tidak menggunakan foto dan tidak membutuhkan sentuhan kreatif sehingga ukuran file-nya lebih kecil. 

Retno juga menambahkan CV ATS friendly menggunakan desain yang minimalis dan warna hitam-putih.

“ATS itu singkatan dari Applicant Tracking System. Friendly di sini adalah bahwa CV ini dapat terbaca oleh Applicant Tracking System tadi. Applicant Tracking System itu program untuk melakukan scan terhadap CV yang masuk ke perusahaan,” terang Retno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru