CLOSE [X]

Peringati Hari Pelanggan Nasional, Ini Tips dengan Jadi Pelanggan yang Bijak

Senin, 04 September 2023 | 11:17 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Peringati Hari Pelanggan Nasional, Ini Tips dengan Jadi Pelanggan yang Bijak

ILUSTRASI. Tips menjadi pelanggan yang bijak. KONTAN/Muradi/2023/08/24


TIPS & TRIK - Belanja bukan lagi sebuah kegiatan untuk sekadar memenuhi kebutuhan sehari-hari, tapi sudah menjadi cara baru untuk meringankan stres, menghibur diri, self-reward, dan juga healing

Apalagi dengan kemajuan teknologi saat ini yang memungkinkan kita untuk belanja kapan pun, di mana pun hanya dengan beberapa klik di layar HP. Faktanya, menurut riset OCBC NISP Financial Fitness Index 2023, sebanyak 35% anak muda mengaku bahwa mereka pernah melakukan pengeluaran lifestyle secara impulsif selama enam bulan terakhir, termasuk konser, traveling, atau belanja berlebihan. 

Namun, menurut survei yang sama, baru 9% dari generasi muda yang rutin berinvestasi. Nah, Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada 4 September ini, adalah momentum yang tepat untuk kembali me-review kebiasaan kita sebagai pelanggan. 

Apakah barang-barang yang kita beli sudah sesuai dengan yang kita butuhkan, atau hanya mengikuti keinginan dan tren yang sedang marak di sosial media?

Lantas, bagaimana cara menjadi pelanggan yang bijak di tengah gempuran konten lifestyle dan promosi di mana mana? 

Baca Juga: E-Commerce Masih Jadi Pilihan Belanja Produk Elektronik, Rumah Tangga & Kesehatan

Tips menjadi pelanggan yang bijak

Dirangkum dari keterangan resmi OCBC NISP, berikut adalah beberapa tips menjadi pelanggan yang bijak: 

1. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan

Salah satu hal yang sulit untuk dilakukan di tengah maraknya promosi adalah membedakan antara keinginan dan kebutuhan.

Hal ini dibuktikan dari riset Financial Fitness Index 2023 yang menunjukkan bahwa sebanyak 73% anak muda Indonesia menghabiskan uang mereka untuk mengikuti gaya hidup teman dan lingkunganya.

Agar bisa membedakan kebutuhan dan keinginan, kamu bisa tanyakan beberapa pertanyaan kepada diri kamu sendiri. Apakah dengan ini kualitas hidupku bertambah dengan signifikan?

Baca Juga: Mengatur Anggaran untuk Hobi, Sama-Sama Perlu Diatur Lho

Apakah tanpa ini aku masih bisa hidup nyaman? Apakah dengan melakukan hal ini kondisi keuanganku akan terancam? Bagaimana aku bisa memulihkan kondisi keuanganku setelah ini?

Jawaban dari pertanyaan tersebut akan membantu kamu. Contohnya, ketika kamu ingin membeli handphone keluaran terbaru, padahal handphone kamu yang sekarang masih berfungsi dengan baik. 

Dengan handphone baru kualitas hidup kamu mungkin akan meningkat sedikit, tapi tanpa itu pun kamu masih bisa hidup nyaman. Artinya, bisa jadi itu merupakan sebuah keinginan semata, bukan sebuah kebutuhan.

Semua orang tentu memiliki kebutuhan hiburan atau lifestyle, dan memenuhi kebutuhan tersebut bukanlah hal yang negatif. Namun, generasi muda harus pintar menyiasati agar keinginan tidak mengorbankan kebutuhan dasar lainnya. 

Selama pembagian dananya sudah benar dengan tidak mengorbankan dana darurat atau investasi, maka lifestyle kamu bisa terus jalan, investasi tetap aman, dan bisa jadi semakin #FinanciallyFit.

Baca Juga: Promo JSM Hypermart Hari Ini Minggu 3 September 2023, Promo Lebih Murah Sampai Besok

2. Buat skala prioritas dan bijaklah mengatur keuangan

Uang memang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang. Dengan lebih bijak dalam menggunakan uang, kamu bisa lebih stabil dan sehat finansial. Pengeluaran yang berlebihan bisa terjadi karena kamu memiliki prioritas yang salah. 

Misalnya, kamu penganut kuat attraction dari eksternal, seperti promo, trend, dan lifestyle yang berlebihan dengan membeli barang branded, atau nongkrong di kafe mewah. Terdengar sangat menggoda, tapi bisa jadi sangat berbahaya untuk finansialmu, loh.

Cara membuat skala prioritas sebenarnya gampang, urutkan hal-hal yang ingin kamu beli dari yang paling mempengaruhi kenyamanan hidup kamu, sampai yang paling bersifat nice to have. Keinginan memenuhi lifestyle bisa kamu taruh di bawah kebutuhan kesehatan finansial kamu. 

Misalnya, membeli laptop gaming keluaran terbaru bisa kamu taruh di prioritas bawah, setelah dana darurat kamu terpenuhi. Jadi, mulai sekarang, lebih bijaklah dalam menggunakan uang, pikirkan segala pengeluaran dan apa manfaatnya untuk dirimu. Dengan begitu, kamu bisa lebih #FinanciallyFit.

Baca Juga: Tips Atur Keuangan Rumah Tangga dengan Anggaran Keuangan & Trik Berhemat yang Efektif

3. Rancang life goals dan jangan lupa persiapkan dana masa depan

Memiliki tujuan atau goals itu penting, karena akan menjadi motivasi kamu untuk berusaha meraihnya. Goals ini bisa kamu bedakan dari jangka waktunya, misalnya jangka pendek, menengah, dan panjang. 

Goals ini juga bisa membantu kamu untuk fokus dalam mengatur keuangan, karena sudah bisa diukur berdasarkan waktu dan besaran anggaran. Merancang dana masa depan memang berbeda untuk setiap orang, tergantung dari tujuan masing-masing. 

Untuk mempermudah kamu merancang life goals dan memberikan saran bagaimana mencapainya, kamu bisa memanfaatkan fitur Life Goals dari Bank OCBC NISP yang bisa diakses melalui aplikasi ONe Mobile. 

Baca Juga: Sambut Hari Pelanggan Nasional 2023, Intip Inovasi Customer Experience Tokopedia Care

Fitur ini akan memandu kamu dalam menghitung berapa lama waktu dan berapa banyak dana yang harus kamu siapkan untuk mewujudkan impianmu tersebut.

Nah, jangan lupa amankan juga life goals jangka panjang untuk masa depan, bisa dalam bentuk tabungan, dana darurat, dan investasi, yang pastinya akan membantu kamu untuk lebih sehat secara finansial. 

Apalagi, saat ini investasi bisa jauh lebih mudah dalam bentuk yang beragam, baik itu emas, reksadana, obligasi dan lainya, dan bisa diakses dengan mudah lewat aplikasi, contohnya di ONe Mobile by Bank OCBC NISP.

Kesimpulannya, menjadi pelanggan yang bijak bukan hanya tentang mengetahui yang mana kebutuhan, dan yang mana keinginan, tapi juga harus bisa mengatur keuangan sebaik mungkin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru