HOME

Pernah berlaga di Piala Dunia U-20 tahun 1979, Indonesia hanya jadi juru kunci grup

Kamis, 24 Oktober 2019 | 15:20 WIB Sumber: Kompas.com
Pernah berlaga di Piala Dunia U-20 tahun 1979, Indonesia hanya jadi juru kunci grup

Sekjen PSSI Ratu Tisha

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejarah baru didapat di dunia sepak bola Tanah Air. Secara resmi, Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. 

Penunjukkan itu berlangsung dalam FIFA Council Meeting di Shanghai, China, pada Kamis (24/10). Indonesia mengalahkan kandidat lainnya yang juga mengajukan diri sebagai tuan rumah ajang sepak bola junior terbesar di dunia, yakni Peru dan Brasil. 

Sekjen PSSI, Ratu Tisha, mengonfirmasi dengan hasil tersebut. Dirinya juga perwakilan sekaligus tim lobi Indonesia di FIFA Council Meeting. "Alhamdulillah. Akhirnya kerja keras kita semua berbuah hasil baik menjadi sejarah bagi sepak bola kita, Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia," kata Tisha saat dihubungi Kamis, (24/10). 

Baca Juga: Hore, Indonesia resmi jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 Hore, Indonesia resmi jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021

Dengan hasil ini, mengantarkan Indonesia sebagai negara Asia pertama yang dipastikan ikut dalam Piala Dunia U-20 2021. Jauh sebelum itu, Indonesia juga pernah merasakan euforia Piala Dunia kategori usia tersebut di tahun 1979. 

Kala itu, Indonesia ditemani oleh Korea Selatan yang sebagai wakil Benua Asia. Indonesia tergabung dalam grup B, bersaing dengan Argentina, Polandia dan Yugoslavia. Sayangnya, Indonesia masih belum mampu untuk menjadi asa Asia di Piala Dunia U-20 2021. 

Skuad Garuda Muda itu kalah dari tiga pertandingan dalam babak penyisihan grup sekaligus menjadi juru kunci. Selain itu, Indonesia juga menjadi tim paling sering dibobol dalam ajang tersebut dibanding 15 negara peserta lainnya dengan 16 gol. 

Baca Juga: Jadi menteri, Erick Thohir ingin BUMN bisa akuisisi perusahaan asing

Laga perdana, Indonesia langsung dibabat 0-5 oleh Argentina. Baca juga: Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Ini Calon Stadion yang Dipakai Saat itu, Diego Maradona mencetak dua gol ke gawang Indonesia. 

Pada laga selanjutnya, Indonesia kembali menelan pil pahit, kalah 0-6 dari Polandia. Terakhir, timnas kembali kalah 0-5 dari Yugoslavia. (Mochamad Sadheli)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tampil di Piala Dunia, Indonesia Pernah Dibobol Maradona"


Editor: Yoyok


Terbaru