Persiapan MotoGP Mandalika Hampir Rampung 100%

Kamis, 12 Oktober 2023 | 19:20 WIB   Reporter: Sabrina Rhamadanty
Persiapan MotoGP Mandalika Hampir Rampung 100%

ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo memberikan piala kepada pemenang MotoGP Indonesia 2022 yaitu Miguel Oliveira, kemudian Fabio Quartararo, dan Johann Zarco yang menempati urutan ketiga,di Sirkuit Mandalika NTB, Minggu, 20 Maret 2022.


MOTOGP - JAKARTA. Persiapan akhir jelang perhelatan MotoGP Mandalika, Lombok yang akan dilaksanakan 13-15 Oktober 2023 hampir rampung 100%.

Direktur Utama PT MGPA Nusantara Jaya (MGPA) Priandhi Satria mengatakan, persiapan ini mencakup persiapan sirkuit, paddock, dan pit lane balapan.

Pelatihan para marshal atau petugas yang membantu di dalam sirkuit saat balapan berlangsung juga terus dimatangkan. Adapun, pelatihan tersebut akan dilakukan langsung oleh FIM dan IMI.

Pelatihan tersebut telah dimulai pada Senin, 9 Oktober 2023, dengan melibatkan 35 marshal. Untuk 3 hari berikutnya hingga hari ini 12 Oktober 2023, atau sehari jelang sesi latihan bebas dimulai, pelatihan tersebut akan diikuti oleh 380 marshal.

Baca Juga: Jelang MotoGP, Mandalika Hotel Association (MHA): Okupansi Penginapan Sudah Capai 97%

“Indonesian Grand Prix 2023 adalah momen bersejarah bagi Indonesia dan dunia balap motor. Kami sangat senang melihat antusiasme dari para penggemar yang telah menanti perhelatan ini, sekaligus menjadi momen apresiasi juga untuk masyarakat setempat yang sudah mendukung ajang Moto GP Mandalika sejak pertama digelar tahun lalu. Kita lihat para riders juga begitu senang dengan semangat yang diberikan masyarakat,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Kamis (12/10).

Selain persiapan di dalam sirkuit, persiapan untuk area penunjang seperti area parkir, panggung hiburan, dan tenda UMKM juga hampir rampung.

Pihak penyelenggara jelas Priandhi juga telah memastikan seluruh persiapan berjalan lancar demi kepuasan penonton yang hadir menyaksikan Indonesian GP 2023.

Dyandra Promosindo sebagai salah satu sub-holding dari PT Dyandra Media International, Tbk (DYAN) selaku co-promotor acara ini juga mengatakan berbagai macam ide event sudah hampir rampung.

“Persiapan non-race, termasuk untuk side event sudah hampir rampung. Jadi kami pastikan semuanya selesai saat para penonton mulai datang ke Sirkuit Mandalika sehingga mendapat pengalaman terbaik dalam ajang Indonesian GP 2023,” kata Presiden Direktur Dyandra & Co. Daswar Marpaung.

Baca Juga: MotoGP Menjadi Arena Persaingan Pasar Pelumas

Di sisi lain, Direktur Operasi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Troy Reza Warokka mengatakan, dukungan dari pemerintah dan BUMN merupakan bukti komitmen bersama untuk menyukseskan gelaran MotoGP Mandalika.

Dia juga mengapresiasi dukungan pihak swasta yang turut menopang kelancaran persiapan, event tambahan, hingga puncak race nanti.

“ITDC sebagai pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika telah melakukan persiapan kawasan seperti pembangunan dan penyempurnaan infrastruktur jalan kawasan sepanjang 35 km, kantong-kantong parkir 7.888 kapasitas (mobil & motor), gate kawasan, layanan transportasi dan pengaturan arus lalu lintas untuk memudahkan akses penonton event MotoGP 2023 yang kami pastikan lebih baik dari event sebelumnya,” jelasnya.

Selain itu ITDC ungkap dia juga sudah melengkapi fasilitas di kawasan dengan membangun Masjid Al-Hakim, Kuta Lane dan Bazaar Mandalika yang merupakan salah satu wujud apresiasi bagi masyarakat untuk menampilkan produk-produk UMKM.

Ke depan kami akan terus mengembangkan fasilitas pendukung di kawasan yang dapat menguatkan KEK The Mandalika sebagai destinasi utama sport tourism di Indonesia” tuturnya.

Baca Juga: Marquez Akan Bergabung ke Tim Gresini Racing Setelah Keluar dari Honda

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Indonesian GP 2023 – Pertamina Grand Prix of Indonesia, dapat mengunjungi situs www.themandalikagp.com serta akun Instagram @themandalikagp.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru