Persiapan untuk Maba, Ini 10 istilah perkuliahan yang harus diketahui

Senin, 03 Agustus 2020 | 11:14 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Persiapan untuk Maba, Ini 10 istilah perkuliahan yang harus diketahui

ILUSTRASI. Persiapan untuk Maba, Ini 10 istilah perkuliahan yang harus diketahui


KONTAN.CO.ID -  Pengumuman SBMPTN 2020 sebentar lagi dibuka. Bagi Anda yang akan berkuliah, ada beberapa istilah perkuliahan yang harus diketahui. Semakin dini Anda tahu istilah tersebut, semakin mudah Anda beradaptasi saat berkuliah.

Sebagai Maba atau mahasiswa baru, mungkin dunia perkuliahan terasa asing. Dunia perkuliahan sedikit berbeda dengan SMA. Ada banyak istilah perkuliahan yang  mungkin belum pernah didengar. 

Baca Juga: Ingin kuliah di luar negeri tapi yang dekat saja? Ada beasiswa S3 di Singapura Ingin kuliah di luar negeri tapi yang dekat saja? Ada beasiswa S3 di Singapura

Agar lebih siap, Anda perlu memahami istilah-istilah di universitas. Berikut istilah perkuliahan yang biasa dipakai dan harus diketahui Maba.

  • Satuan Kredit Semester/SKS

Istilah perkuliahan pertama yang harus diketahui Mahasiswa baru adalah SKS. Satuan Kredit Semester adalah satuan mata kuliah yang diambil per semester. Saat SMA/SMK mata pelajaran biasanya sudah disusun selama satu semester. 

Saat kuliah, mahasiswa memiliki jatah SKS yang berbeda. Biasanya jatah SKS ditentukan dari nilai IPK yang didapat di semester sebelumnya. Saat semester I, mahasiswa biasanya diberikan paket SKS dari jurusan. 

  • Kartu Rencana Studi/KRS

Kartu Rencana Studi adalah istilah perkuliahan yang sering dipakai di universitas. KRS merupakan rekapan mata kuliah yang diambil mahasiswa tiap semesternya.

Mahasiswa biasa mengisi KRS melalui online atau bagian kemahasiswaan. Di KRS ini akan tertera jumlah mata kuliah yang diambil dan jumlah SKS nya. Ada juga informasi tentang dosen pengampu mata kuliah dan nomor ruang perkuliahan. 

  • Indeks Prestasi Kolumatif/IPK

Anda mungkin sering dengar dengan istilah perkuliahan ini. IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif merupakan nilai rata-rata akhir. Istilah ini biasa dipakai untuk menunjukkan nilai setelah mahasiswa lulus. 

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru