Persyaratan, Biaya, dan Alur Pendaftaran UM PTKIN 2022, Siswa Wajib Tahu

Jumat, 21 Januari 2022 | 07:42 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Persyaratan, Biaya, dan Alur Pendaftaran UM PTKIN 2022, Siswa Wajib Tahu

ILUSTRASI. Persyaratan, Biaya, dan Alur Pendaftaran UM PTKIN 2022, Siswa Wajib Tahu.


PERGURUAN TINGGI -  Pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau UM PTKIN 2022 akan dibuka pada bulan April mendatang. 

Melansir dari situs UM PTKIN, seleksi jalur ini dilaksanakan secara nasional oleh seluruh Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dalam sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak. 

Sebanyak 58 PTKIN di seluruh Indonesia dan 1 Fakultas Agama di Universitas Singaperbangsa Karawang yang ikut dalam UM PTKIN 2022. 

Siswa yang memilih jalur ini nantinya akan mengerjakan satu tipe ujian yaitu Sistem Seleksi Elektronik atau SSE. 

Sistem ujian ini diselenggarakan menggunakan komputer sehingga peserta tidak lagi mendapatkan soal dan menjawab di lembar jawaban kertas atau paperless

Baca Juga: Mengenal Ekosistem, dari Pengertian, Komponen, hingga Jenis-Jenisnya

Persyaratan dan biaya UM PTKIN 2022

Calon peserta wajib memenuhi persyaratan berikut ini agar bisa mendaftar dan mengikuti UM PTKIN, diantaranya: 

  • Lulus dari MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara tahun 2020, 2021 dan 2022 
  • Lulusan tahun 2020 dan 2021 harus sudah memiliki ijazah atau yang sederajat. 
  • Surat Keterangan Lulus dari Kepala Madrasah/ Sekolah/Pesantren Mu’adalah dan dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Mu’adalah bagi peserta lulusan tahun 2022. 
  • Membayar biaya UM-PTKIN melalui bank yang ditetapkan oleh Panitia Nasional. Biaya pendaftarannya sebesar Rp 200.000 (belum termasuk biaya tambahan jika transaksi menggunakan Virtual Account).  

Terdapat tiga kelompok ujian dalam UM-PTKIN tahun ini diantaranya: 
1. Tes Kemampuan Dasar atau TKD (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman) 
2. Tes Kemampuan Bidang IPA 
3. Tes Kemampuan Bidang IPS Kelompok ujian peserta akan ditentukan berdasarkan pilihan jurusan atau program studi (prodi) peserta. 

Peserta yang memilih prodi IPA di semua pilihan maka kelompok ujian peserta adalah IPA.  Sedangkan peserta yang memilih prodi IPS di semua pilihan maka kelompok ujian peserta adalah IPS. 

Bagi siswa yang memilih semua kelompok ujian (IPA/IPS) dapat memilih minimal 1 prodi dan maksimal 3 prodi. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan peserta. Siswa bebas memilih lokasi ujian di salah satu PTKIN seluruh Indonesia.

Baca Juga: Lowongan Kerja Terbaru Anak Usaha BUMN Kimia Farma 2022, Banyak Posisi Dibuka

Alur pendaftaran UM PTKIN 2022

1. Siswa mendaftar dan mengisi biodata secara online di www.um-ptkin.ac.id hingga mendapat nomor SIP (Slip Instruksi Pembayaran), PIN dan informasi nominal yang harus dibayarkan serta tatacara pembayaran.

2. Melakukan pembayaran di Bank BNI atau bank lain dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Melalui Bank BNI: Pembayaran dapat dilakukan di seluruh Kantor Cabang, ATM, SMS Banking (aplikasi Android/IOS), Keagenan Bank BNI dengan menunjukkan/memasukkan nomor SIP.
  • Bank lain: Pembayaran dapat dilakukan dengan cara transfer ke Virtual Account BNI melalui Kantor Pos atau Bank manapun di seluruh Indonesia yang mendukung transfer antar bank dengan menunjukkan nomor SIP sebagai nomor Virtual Account BNI. Terdapat biaya tambahan tergantung dengan mitra.

3. Siswa akan mendapat bukti pembayaran. Penting untuk diingat jika biaya seleksi yang sudah dibayar tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

4. Kemudian melanjutkan pendaftaran online di situs UM PTKIN dengan memasukkan nomor SIP dan PIN untuk memilih kelompok ujian, program studi dan lokasi ujian hingga cetak kartu ujian.

5. Mengikuti ujian SSE di lokasi PTKIN yang telah dipilih sesuai dengan jadwal ujian. 

Baca Juga: Kiat Sukses Berwirausaha saat Pandemi, Siswa Perlu Belajar Sejak Sekarang

Jadwal kegiatan UM PTKIN

  • Pendaftaran dan pembayaran: 25 April - 4 Juni 2022 
  • Finalisasi pendaftaran: 25 April - 4 Juni 2022 
  • Pelaksanaan uji coba SSE: 7-10 Juni 2022 
  • Pelaksanaan ujian: 14-17 Juni 2022 
  • Pengumuman: 30 Juni 2022 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru