Otomotif

Pertama di dunia, Audi rilis mobil listrik dengan tiga mesin sekaligus

Jumat, 11 September 2020 | 09:17 WIB Sumber: Autoevolution
Pertama di dunia, Audi rilis mobil listrik dengan tiga mesin sekaligus

ILUSTRASI. Pertama di dunia, Audi rilis mobil listrik dengan tiga mesin sekaligus

KONTAN.CO.ID - BERLIN. Pertama di dunia, Audi meluncurkan mobil listrik dengan tiga mesin motor listrik sekaligus. Mesin tersebut tersemat pada mobil listrik terbaru Audi, yakni Audi e-tron S dan Audi e-tron S Sportback.

Mengutip dari situs Autoevolution.com, baik Audi e-tron S dan Audi e-tron S Sportback dibangun dengan desain mobil berarsitektur modular. Hal tersebut memungkinkan keduanya mengusung tiga mesin motor listrik, yakni dua mesin motor listrik di sisi belakang dan satu di sisi depan.

Keluaran tenaga secara penuh pada Audi S Sportback adalah 503 horsepower dan torsi mencapai 973 Nm, angka fantastis untuk performa sebuah mobil listrik.

Audi mengklaim Audi e-tron S Sportback menghasilkan waktu akselerasi 0-100 km/jam dalam 4,5 detik. Sedangkan, kecepatan tertinggi mobil listrik ini tercatat hingga 210 km/jam.

Baca Juga: Harga mobil bekas tapi mewah di bawah Rp 100 juta, ini daftarnya

Tiga mesin berkode 55 ini sama-sama dipasang untuk menggerakan roda bagian depan maupun belakang mobil listrik Audi seri S ini. 

Sedangkan, baterai tegangan tinggi mampu menampung energi kotor berkapasitas 95 kWh. Dari kapasitas tersebut, 86 kWh diantaranya dapat digunakan untuk mengkonversi ulang energi dalam jangka waktu tertentu.

Audi e-tron Sportback

Audi E-tron S memiliki jangkauan perjalanan hingga 364 km. Angka tersebut selisih tipis dengan Audi e-tron S Sportback yang melaju hingga 370 km dengan sekali pengisian baterai dalam siklus WLTP.

Baca Juga: Wuling Victory, pesaing Innova, tapi harganya lebih murah dari Avanza 

Mode berkendara Audi e-tron 

Mode berkendara Sport milik Audi memungkinkan mobil listrik memanfaatkan ketiga mesin secara bersamaan. Roda depan digerakkan oleh satu mesin di bagian depan. Kedua mesin lainnya menggerakan roda bagian belakang.

Untuk meningkatkan efisiensi, dalam mode mengemudi normal, dua mobil listrik ini hanya menggerakan roda di bagian belakang. Roda tersebut disatukan dengan motor listrik depan yang beraksi hanya untuk merespon traksi yang hilang. Prinsip tersebut serupa dengan sistem quattro yang disematkan pada Audi R8.

Kedua mobil listrik dengan tiga mesin ini akan diluncurkan di pasar Eropa pada akhir tahun 2020. Harga dasar untuk Audi e-tron S 2021 mulai dari EUR 91.435,29 atau sekitar Rp 1.6 miliar. 

Sedangkan Audi e-tron S Sportback sedikit lebih mahal, mulai dari EUR 93.628.58 atau sekitar Rp 1.7 miliar. 

Selanjutnya: Harga mobil bekas ini turun hingga Rp 30 juta, berikut daftarnya

Editor: Bimo Kresnomurti


Terbaru