Pertandingan Perdana Piala Asia 2023 Timnas Indonesia Berjuang Sampai Peluit Terakhir

Senin, 15 Januari 2024 | 10:56 WIB   Reporter: Syamsul Ashar
Pertandingan Perdana Piala Asia 2023 Timnas Indonesia Berjuang Sampai Peluit Terakhir

ILUSTRASI. Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong?optimistis bahwa anak asuhnya mampu memberikan kejutan kepada Irak saat laga pertama Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmed bin Ali, Al-Rayyan, Senin (15/1). Foto: Dok.PSSI


PIALA ASIA 2023 - JAKARTA. Timnas Indonesia akan melakukan pertandingan perdana dalam kejuaraan Piala Asia 2023. 

Setelah 16 tahun berjuang untuk masuk kualifikasi kejuaraan Piala Asia 2023, Timnas Indonesia hari ini akan menjamu Timnas Irak, yan secara peringkat jauh di atas Indonesia.

Pertandingan akan berlangsung di Ahmed bin Ali, Doha Qatar.

Pada kejuaraan ini, Indonesia tergabung di Grup D bersama dengan Irak, Jepang, dan Vietnam.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyatakan optimistis bisa memetik poin menjelang laga pertama Grup D Piala Asia 2023 melawan Irak di Stadion Ahmed bin Ali. 

Meski mengakui bahwa Irak lebih diunggulkan berdasarkan peringkat FIFA dan kertas, Shin Tae-yong yakin bahwa anak asuhnya mampu memberikan kejutan.

"Saya setuju bahwa ada selisih ranking yang sangat besar antara Irak dan Indonesia. Tetapi, kami akan menunjukkan performa yang lebih baik," katanya. 

Keunggulan Timnas Indonesia menurut Tae-Yong, Timnas Indonesia masih sangat muda. 

Meskipun dinilai relatif lebih lemah dibandingkan lawan, tetapi Indonesia punya potensial dan sedang mencoba membangun tim, bukan hanya performa, tetapi juga membangun kepercayaan diri sebagai tim Juara

Sebagai gambaran peringkat FIFA terbaru per 21 Desember 2023, Irak berada di peringkat 63. Sementara Indonesia berada di posisi 146. Meski terpaut jauh. 

Kapten timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar

Kapten timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar, memastikan bahwa skuad Garuda datang dengan kekuatan dan persiapan yang berbeda.

“Dua bulan lalu bertemu Irak di kualifikasi Piala Dunia, tentunya kami datang dengan kekuatan berbeda dan persiapan lebih baik. Kami ingin membuktikan Indonesia bukan tim lemah di grup ini,” kata Asnawi.

Pertemuan terakhir kedua tim di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Basra pada 16 November 2023, berakhir dengan kekalahan telak 5-1 untuk Indonesia. Namun, harapan kemenangan masih tinggi dalam timnas Indonesia.

Setelah melawan Irak, timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada 19 Januari di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha.

Selanjutnya akan melawan tim terkuat di Asia yakni Jepang pada 24 Januari di Stadion Al Thumama, Doha. 

Para penggemar sepakbola Tanah Air pun sangat antusias menyaksikan perjalanan timnas Indonesia di Piala Asia 2023 ini dan berharap Indonesia bisa memetik poin penuh dalam setiap pertandingan penyisihan di Grup D Piala Asia 2023 di Doha sehingga lolos ke putaran final 16 besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru