Pertempuran di pasar sedan mewah makin seru

Kamis, 29 Maret 2012 | 10:13 WIB Sumber: Harian KONTAN, 29 Maret 2012
Pertempuran di pasar sedan mewah makin seru

ILUSTRASI. Ilustrasi anak. KONTAN/Baihaki/28/01/2021


Meski pasarnya mini, bukan berarti pertempuran di segmen sedan premium tidak sengit. Produk-produk baru terus meramaikan pasar sedan mewah di Indonesia. Yang terbaru, Lexus Indonesia meluncurkan GS series pada Selasa (20/3) pekan lalu.

Merek premium Toyota Astra Motor ini hadir dalam tiga varian GS series generasi terbaru sekaligus. Yakni, GS 250, GS 350, serta GS 450h dengan teknologi hibrid. Harga jual GS 250 Rp 950 juta per unit, GS 350 Rp 1,085 miliar, dan GS 450h Rp 1,380 miliar. "Setidaknya ada 30 unit yang sudah dipesan," ungkap Adrian Tirtadjadja, General Marketing Lexus.

Memang, Adrian mengaku, GS bukan andalan Lexus Indonesia untuk penjualan. Namun, sedan premium itu menunjukkan keunggulan Lexus sebagai grand sedan, yang akan membantu mendongkrak penjualan Lexus Indonesia. Makanya, dia yakin, penjualan Lexus tahun ini bakal tumbuh 30% ketimbang tahun lalu yang hanya 462 unit menjadi 600 unit.

Johnny Darmawan, Presiden Direktur Toyota Astra, mengatakan, peluncuran Lexus GS series merupakan bukti perusahaannya optimistis terhadap bisnis otomotif di Tanah Air terutama mobil premium di Tahun Naga. "Penjualan mobil premium tahun ini bisa mencapai 1% dari total target penjualan mobil," katanya.

Target penjualan mobil pada 2012 sebesar 930.000 hingga 950.000 unit. Itu berarti, tahun ini, penjualan mobil premium bisa mencuil 9.300 sampai 9.500 unit. Atau, meningkat dibanding tahun lalu yang 8.090 unit.

Rilis sedan baru bulan depan

Tak mau kalah, bulan depan, BMW Group Indonesia akan merilis BMW M5. Sedan mewah ini bakal meluncur pada 4 April 2012 nanti dan dipajang di Senayan City, Jakarta hingga 8 April 2012. Harganya adalah Rp 1,988 milir per unit, tapi off the road.

Sayang, Helena Abidin, Director of Corporate Communications BMW Indonesia, belum mau menyebut target penjualan M5. Yang jelas, untuk membantu mengangkat penjualan mobil asal Jerman itu tahun ini, "Kami akan mengembangkan jaringan diler dari 11 menjadi 15 diler hingga akhir tahun nanti," ujar dia.

Catatan saja, tahun lalu. BMW Indonesia berhasil melego 1.551 mobil dari berbagai varian. Sebanyak 429 di antaranya sumbangan dari seri 5 yang naik 30% ketimbang tahun sebelumnya. “Kami sangat puas dengan respon konsumen yang begitu antusias terhadap mobil-mobil yang kami hadirkan tahun lalu," tutur Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Indonesia. Ia menambahkan, mulai tahun ini, para pelanggan BMW juga bisa menikmati layanan premium one-stop shopping di diler BMW.

Mercedes-Benz Indonesia, yang lebih dulu melempar ke pasar dua varian sedan premium, hakulyakin penjualan mereka di 2012 tumbuh 20% menjadi 6.300 unit dibandingkan dengan 2011 yang hanya 5.331 unit. Sekadar mengingatkan, 6 Januari lalu, Mercedes-Benz meluncurkan sedan mewah dua pintu SLS 63 AMG Roadster dan C 63 AMG Coupe. Harga masing-masing jagoan Mercy itu yaitu Rp 3,49 miliar dan Rp 1,79 miliar per unit.

Namun, Dwi Parileksono Purwanggoro, Manager External Affairs and Public Relation Mercedes-Benz Indonesia, bilang, kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi mulai 1 April 2012 nanti bakal membawa dampak sosial politik tidak langsung pada penjualan sedan premium. "Mungkin konsumen kami akan menunda pembelian empat hingga lima bulan mendatang,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Catur Ari

Terbaru