Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Menentukan Investasi Properti

Kamis, 20 April 2023 | 10:42 WIB   Reporter: Tim KONTAN
Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Menentukan Investasi Properti

ILUSTRASI. Kontan - Sinarmas Land Kilas Online


INVESTASI PROPERTI - Industri properti, real estate, dan konstruksi pembangunan konsisten memberikan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional. Berdasarkan data Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM FEB UI), sektor-sektor tersebut berkontribusi sebesar Rp2.865 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada 2022. Nilai ini setara dengan 14,63% PDB Indonesia.

Secara tidak langsung, data tersebut juga menunjukkan tingkat investasi masyarakat yang cukup tinggi pada sektor properti. Saat ini properti masih jadi instrumen investasi yang menarik. Dalam jangka panjang, harga properti meningkat pesat sesuai dengan kondisi ekonomi suatu wilayah. Misalnya, Anda dapat membeli rumah atau ruko untuk disewa serta membeli tanah untuk membangun hunian lagi.

Namun, investasi sektor properti tidak lepas dari pemilihan lokasi dan kondisi ekonomi wilayah tersebut. Lokasi yang strategis tentu dapat menambah nilai properti, apalagi dekat dengan wilayah yang perekonomiannya sedang tumbuh. Setidaknya ada lima faktor yang mempengaruhi nilai investasi properti pada suatu kawasan atau wilayah.

Pertama, accessibility atau lokasi yang strategis. Properti yang dibangun dengan infrastruktur modern dapat meningkatkan harga properti. Terlebih properti tersebut berada di lokasi yang strategis dan memiliki akses yang mudah ke wilayah lain, tentu harga properti dapat meningkat dalam waktu cepat.

Kontan - Sinarmas Land Kilas Online

Kedua, sunrise area atau kawasan yang masih berkembang. Properti yang berada di kawasan yang ekonominya sedang berkembang, biasanya punya harga yang cukup tinggi karena lokasi yang strategis dan mobilitas masyarakat yang cepat.

Ketiga, complete facilities atau infrastruktur yang memadai. Properti yang memiliki fasilitas  atau infrastruktur yang memadai di sekitarnya, seperti kawasan hijau atau sarana olahraga, biasanya dicari oleh calon pembeli. Tak hanya itu, fasilitas tersebut juga mampu memberikan rasa nyaman kepada pemilik hunian karena mampu menyajikan lingkungan yang bersih dan sehat.

Kontan - Sinarmas Land Kilas Online

Keempat, quality atau kualitas bangunan (design interior, kualitas material, dan arsitektur). Memiliki properti yang berkualitas tentu menjadi pilihan banyak orang karena daya tahan bangunan yang kokoh, sehingga mengurangi biaya renovasi. Selain kokoh, desain bangunan menjadi tolok ukur sebelum membeli rumah. Terlebih generasi milenial yang gemar mengkreasikan hunian atau properti dengan bermacam konsep.

Kontan - Sinarmas Land Kilas Online

Kelima, credibility atau kredibilitas developer (pengembang). Jangan mudah tertipu oleh diskon atau promo besar-besaran yang dilakukan oleh developer. Bisa jadi, hal itu menjadi cara developer bodong untuk meraup keuntungan secara ilegal. Salah satu cara mudah untuk menilai developer yang kredibel adalah dengan cara mengecek proyek yang sukses dan mendapat respon positif dari konsumen.

Cara paling mudah untuk mengecek developer tepercaya adalah melihat histori tahun berdirinya developer, riwayat proyek, legalitas bangunan, dan ketentuan wanprestasi (seperti perubahan konsep bangunan atau pembangunan mangkrak).

Sebelum membeli properti, calon pembeli juga harus mengetahui beberapa ciri developer properti yang baik, di antaranya punya reputasi baik, punya website resmi, kualitas bangunan yang kokoh, dan memiliki kantor pemasaran. Salah satu developer yang memiliki ciri tersebut adalah Sinar Mas Land.

Kontan - Sinarmas Land Kilas Online

Sinar Mas Land tercatat memiliki beberapa lokasi properti yang terintegrasi dan strategis, sebut saja Bumi Serpong Damai (BSD) dan Banjar Wijaya di Tangerang, Apartemen Jakarta (Aerium, The Elements dan Southgate), Grand Wisata di Bekasi, Deltamas di Cikarang, Apartemen Klaska dan Wisata Bukit Mas di Surabaya, Grand City Balikpapan di Kalimantan, Kota Wisata di Cibubur, Nuvasa Bay di Batam dan berbagai properti lainnya di Indonesia.

Menariknya, Sinar Mas Land kini juga sedang mengadakan promo untuk pelanggan atau calon pelanggan bernama Smart Move Ketupat (keuntungan berlipat) yang berlaku selama periode 7 April – 7 Mei 2023.

Kontan - Sinarmas Land Kilas Online

Pelanggan atau calon pelanggan properti milik Sinar Mas Land akan mendapat beberapa keuntungan, seperti uang muka (DP) dibayarkan oleh developer, cicilan KPR tetap selama 3 tahun dari harga Rp4,5 juta, cashback hingga ratusan juta, EKSTRA LUCKY DIP mencapai 1,25%, dan tambahan Flazz senilai Rp2 juta untuk produk reguler. Patut dicatat juga, promo ini berlaku selama stok properti masih tersedia

Pelanggan tidak perlu ragu membeli karena Sinar Mas Land juga berkolaborasi dengan banyak bank terkemuka seperti BCA, CIMB Niaga, Permata Bank, Mandiri, Danamon, OCBC NISP, Maybank, Bank Sinarmas, BNI, BRI, Bank BTN, Bukopin, UOB, BSI, Panin, Commonwealth, CCB Indonesia dan Bank Woori Saudara (BWS).

Ayo investasi properti sekarang! Kapan lagi punya properti dari developer terkemuka nasional sembari mendapat promo di bulan yang penuh berkah? Informasi lebih lanjut, kunjungi situs Sinar Mas Land, eCatalog atau hubungi 021 53159000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ridwal Prima Gozal

Terbaru