Tokoh

Phil Donahue, Pelopor Talk Show Siang Hari Meninggal di Usia 88 Tahun

Senin, 19 Agustus 2024 | 21:40 WIB Sumber: Reuters
Phil Donahue, Pelopor Talk Show Siang Hari Meninggal di Usia 88 Tahun

ILUSTRASI. Phil Donahue poses at the benefit gala for the 50th anniversary of St. Jude Children's Research Hospital in Beverly Hills, California January 7, 2012. REUTERS/Danny Moloshok 


TOKOH - Phil Donahue, yang mengubah wajah televisi siang hari di Amerika Serikat (AS) dengan acara talk show sindikasi yang berlangsung lama dan menyoroti isu-isu sosial serta politik yang provokatif, telah meninggal dunia pada usia 88 tahun.

Acara "Today" NBC melaporkan pada hari Senin (19/8), mengutip pernyataan dari keluarganya.

Donahue meninggal dunia pada hari Minggu (18/8) dikelilingi oleh keluarganya setelah sakit, menurut laporan acara "Today."

Debut pada tahun 1970 ketika televisi siang hari menawarkan penontonnya yang sebagian besar perempuan dengan program sinetron, acara permainan, dan acara rumah tangga, acara Donahue membahas topik-topik yang dulu dianggap tabu untuk televisi, termasuk aborsi, revolusi seksual, dan hubungan ras.

Dengan pesonanya yang kekanak-kanakan, energi yang tak terhenti, dan rambut putih tebal, Donahue dikenal karena mengajukan pertanyaan secara agresif kepada tamunya dan berkeliling studio untuk memberikan kesempatan kepada penontonnya untuk berbicara.

Baca Juga: Biden Honours Michelle Yeoh with Medal of Freedom, the Top US Civilian Award

Keberhasilan acaranya membuka jalan bagi pembawa acara talk show siang hari lainnya, terutama Oprah Winfrey, yang programnya akhirnya mengalahkan Donahue dalam hal rating.

"Jika bukan karena Phil Donahue, tidak akan pernah ada acara Oprah," kata Winfrey.

Di antara proliferasi acara siang hari yang mengikuti jejak Donahue, ada sejumlah acara yang dikenal karena sensasionalisme dan kekerasan sesekali.

Acara-acara semacam itu, yang dibawakan oleh tokoh-tokoh seperti Jerry Springer, Geraldo Rivera, Sally Jessy Raphael, dan Maury Povich, adalah "anak-anak tidak sah" Donahue, katanya kepada para pewawancara, menambahkan bahwa dia mencintai mereka semua.

Dengan semakin ramainya dan kasarnya bidang talk show siang hari, popularitas acara Donahue menurun, yang menyebabkan pembatalannya pada tahun 1996 setelah 26 tahun dan ribuan episode di televisi nasional, yang merupakan durasi terpanjang untuk sebuah talk show sindikasi di AS.

Baca Juga: Apa Itu Flu Perut yang Menyebabkan Oprah Winfrey Dilarikan ke Rumah Sakit?

Forum Ibu Rumah Tangga

Pada puncaknya, acara Donahue diakui oleh majalah People pada tahun 1979 sebagai "forum nasional untuk ibu rumah tangga Amerika."

"Saya pikir mereka menghargai isu-isu yang diangkat oleh acara ini dan menikmati tantangan untuk terlibat secara emosional dan intelektual dalam apa yang sedang terjadi," kata Donahue kepada People tahun itu.

"Tidak ada hadiah dan tidak ada yang berteriak, kami menampilkan berbagi ide yang jujur," katanya tentang acaranya, yang umumnya membahas satu topik per episode berdurasi satu jam.

Donahue, yang sering berbicara tentang latar belakang Katolik Roma-nya, adalah salah satu tokoh televisi pertama yang secara tegas membahas pelecehan seksual terhadap anak-anak oleh pendeta di Gereja Katolik, membawa topik ini ke perhatian nasional.

Baca Juga: Para Miliarder Dunia Bocorkan Kebiasaan untuk Jadi Sukses

Proyek terakhirnya termasuk membawakan acara talk show dari tahun 2002 hingga 2003 di jaringan kabel MSNBC dan ikut menyutradarai film dokumenter tahun 2006 "Body of War" yang mengkritisi invasi AS ke Irak, dengan fokus pada seorang tentara Amerika yang mengalami kelumpuhan akibat perang tersebut.

Selain isu-isu hangat, Donahue kadang-kadang menghabiskan waktu untuk topik yang lebih ringan seperti alergi yang salah diagnosis dan bertukar lelucon dengan tamu selebritas dari komedian Jerry Lewis hingga rocker kontroversial Marilyn Manson. Untuk sebuah episode tentang cross-dressing, Donahue bahkan mengenakan rok.

Ia memenangkan sembilan Daytime Emmy sebagai pembawa acara talk show terbaik.

Lahir pada 21 Desember 1935, di Cleveland dan dibesarkan di kota Ohio tersebut, Donahue adalah anak seorang penjual furnitur dan pegawai toko.

Setelah lulus dari Universitas Notre Dame, ia merintis karier di dunia penyiaran hingga akhirnya diberi kesempatan pada tahun 1967 untuk membawakan programnya sendiri, "The Phil Donahue Show," di stasiun televisi Dayton, Ohio.

Ia menimbulkan kegemparan di kalangan penonton dengan mengundang seorang ateis sebagai tamu pertamanya.

Baca Juga: Rihanna, musisi wanita terkaya di dunia, ini nilai dan sumber kekayaannya

Acara tersebut mulai disindikasi secara nasional pada tahun 1970. Ia memindahkan acaranya ke Chicago pada tahun 1974 dan kemudian ke New York pada tahun 1984 untuk lebih dekat dengan istri keduanya, aktris Marlo Thomas, putri aktor-komedian Danny Thomas.

Pernikahan pertama Donahue dengan Marge Cooney berakhir dengan perceraian pada tahun 1975. Mereka memiliki empat putra dan satu putri. Ia menikahi Thomas pada tahun 1980.

Selanjutnya: Pendapatan Turun 32,76% di Semester I 2024, Simak Rekomendasi Saham BUMI

Menarik Dibaca: 10 Urutan Makeup yang Benar untuk Pemula, Flawless dan Tahan Lama!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru