kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Piala Dunia 2018: Sejarah tak mendukung Jepang kalahkan Kolombia


Selasa, 19 Juni 2018 / 15:59 WIB
Piala Dunia 2018: Sejarah tak mendukung Jepang kalahkan Kolombia
Latihan tim Jepang

Reporter: Lamgiat Siringoringo | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jepang dan Kolombia akan menjalani laga perdananya di Mordovia Arena, Saransk. Kedua tim akan bersua dalam laga pembukaan Grup H Piala Dunia 2018, yang dijadwalkan hari ini, Selasa (19/6), pukul 19:00 WIB.

Pertemuan kedua negara malam ini di fase grup seperti mengulang apa yang terjadi Piala Dunia 2014 lalu. Di penyisihan grup piala dunia Brasil, Negeri Samurai harus mengakui keunggulan Kolombia dengan skor cukup telak 1-4. Fakta itu sepertinya yang membuat rumah judi internasional mengunggulkan Kolombia memenangkan pertandingan malam nanti. Handicap internasional memberikan 3/4 untuk Jepang. Secara peringkat Kolombia juga lebih baik. Tim asuhan Pekerman Jose ini berada di peringkat ke-16 dunia, sementara Jepang di posisi ke-61.

Secara materi pemain kedua negara ini memang hampir tidak ada yang berubah dari Piala Dunia 2014. Malahan secara materi pemain Kolombia lebih kuat dibandingkan di Piala Dunia 2014. Karena di Brasil, Kolombia tidak bisa diperkuat pemain andalannya Radamel Falcao karena cedera. Kini sang macan julukan Falcao siap membela negaranya. Andalan Kolombia lainnya juga James Rodriguez, pemain Bayern Munchen juga siap memporak-porandakan gawang Jepang.

Sementara Jepang juga masih mengandalkan pemain-pemain yang beraksi di Piala Dunia 2014 lalu. Ada Yuto Nagatomo pemain tua yang pernah memperkuat Inter Milan, Shinji Okazaki striker Leicester City, Keisuke Honda yang sempat merumput di AC Milan dan kapten Makoto Hasebe. Persiapan Jepang juga kurang maksimal karena di bulan April, pelatih kepala Vahid Halilhodzic dipecat. Federasi Jepang menunjuk Akira Nishino sebagai pelatih Jepang selama di Rusia.

Lalu bagaimana persiapan kedua negara ini dalam lima pertandingan ujicoba sebelum berangkat ke Rusia?

Jepang mencatatkan hasil yang kurang maksimal. Dalam lima kali pertandingan pemanasan terakhir, tim Matahari Terbit ini tiga kali kalah, satu kali hasil seri dan sekali menang.

Sedangkan Kolombia mempunyai catatan pertandingan pemanasan yang lebih bagus. Tim Kolombia mampu mengalahkan negara kuat Perancis dengan skor 3-2. Catatan lainnya dari Kolombia ini, negara ini memang cukup kuat dalam penyerangan.

Namun tim ini banyak kebobolan. Selama kualifikasi, Kolombia kebobolan 19 gol, berbanding terbalik dengan Jepang yang hanya kebobolan 7 gol selama kualifikasi.

Bagi anda yang ingin mendukung Jepang juga perlu mencatat sejarah tim Matahari Terbit ini. Jepang ternyata memiliki catatan kurang enak setiap bersua tim asal Amerika Selatan. Jepang tak pernah menang pada lima pertemuan dengan wakil Amerika Selatan dalam sejarah penyelenggaraan Piala Dunia.

Siapa yang menjadi pilihan Anda?

 



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×