Piala Dunia Rusia cetak rekor penalti terbanyak

Selasa, 26 Juni 2018 | 13:26 WIB   Reporter: Anna Suci Perwitasari
Piala Dunia Rusia cetak rekor penalti terbanyak

ILUSTRASI. Pertandingan Iran melawan Portugal


PIALA DUNIA 2018 -VOLGOGRAD. Piala Dunia 2018 kembali mencatatkan rekor baru. Mengutip Reuters, Piala Dunia ke 21 ini jadi yang paling banyak memberikan hukuman penalti. 

Hingga fase penyisihan grup, sudah ada 20 penalti yang diberikan wasit. Rekor ini tercipta saat Portugal berhadapan dengan Iran dalam pertandingan terakhir Grup B, Senin (25/6). 

Dalam laga yang berlangsung di Mordovia Arena itu, Cristiano Ronaldo dan Karim Ansarifard menjadi eksekutor penalti bagi kedua negara. Namun, hanya penalti Ansarifard yang membuahkan gol, setelah Ronaldo gagal mengeksekusi tendangan tersebut.

Dari 20 hadiah penalti, hanya 15 yang berujung gol. Selain Ronaldo, bintang Argentina Lionel Messi juga sempat gagal mencetak gol dari titik putih saat berhadapan dengan Islandia.

Asal tahu saja, catatan rekor penalti di Piala Dunia Rusia tersebut sudah melampaui rekor sebelumnya, yakni 18 penalti yang terjadi di Piala Dunia 2002 yang diselenggarakan oleh Jepang dan Korea Selatan.

Bahkan, pada Piala Dunia Brasil yang berlangsung empat tahun lalu, hanya ada 13 penalti di seluruh turnamen. Penggunaan teknologi video assistant referee (VAR) jadi penyebab utama lonjakan penalti di Piala Dunia kali ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru