Pilihan tablet Android juga semakin beragam

Rabu, 30 Maret 2011 | 09:19 WIB Sumber: Mingguan KONTAN, 28 Maret - 3 April 2011
Pilihan tablet Android juga semakin beragam

ILUSTRASI. Dokter Samuel Gutierrez, anggota tim Tanggap darurat Kementerian Kesehatan Ekuador untuk Penanganan COVID-19, melihat foto paru-paru seorang pria 81 tahun yang diduga terinfeksi virus corona di rumah pria tersebut di Guayaquil, Ekuador, Rabu (29/4/2020).


Pasar personal computer (PC) tablet kini tak hanya didominasi iPad buatan pabrikan Amerika Serikat, Apple. Kini, iPad tak sendirian di pasar. Banyak pabrikan yang rajin meluncurkan komputer tablet dengan menawarkan keunggulan masing-masing.

Jika iPad punya operating system (OS) sendiri, para pesaingnya meluncurkan produk tablet dengan OS bikinan Google, yakni Android. Tahun ini, para pengamat memperkirakan, banyak tablet berbasis Android yang akan meluncur ke pasar global.

Salah satu yang ditunggu-tunggu adalah Samsung Galaxy Tab seri terbaru. Setelah sukses meluncurkan Samsung Galaxy Tab seri pertama, produsen asal Korea Selatan itu akan segera merilis Galaxy Tab II.

Produk anyar Samsung ini muncul dalam dua layar, yakni layar 10 inci dan layar 8,9 inci. “Kami perkirakan sekitar pertengahan tahun ini akan keluar di Indonesia,” ujar Eka Anwar, Head of Marketing HHP Business PT Samsung Electronics Indonesia kepada KONTAN. Sayangnya, Eka masih merahasiakan harga Galaxy Tab II ini.

Ia menambahkan, persaingan di kelas tablet Android ini bakal berlangsung sengit di tahun ini. Ia memperkirakan, persaingan sengit akan datang dari para produsen asal China. Produk-produk asal China akan bertarung secara bebas dengan menawarkan harga murah.

Prediksi Eka memang tidak keliru. PT Huawei Tech Investment (HTI) memang berencana memperkenalkan produk baru di kelas tablet PC. Sebelumnya, HTI telah sukses mengeluarkan produk tablet PC Huawei Ideos S7. “Tahun ini akan ada dua lagi tablet PC yang terbaru dari Huawei,” ujar Riadi Sugihtani, Marketing Director Huawei.

Persaingan bakal semakin ketat. Beberapa produsen komputer lokal juga gencar mengeluarkan produk. Sebut saja Axioo yang sudah mengeluarkan produk PicoPad. Lalu, ada pula Zyrex yang sudah mengeluarkan produk OnePad MS 1110. Kemudian menyusul produk tablet Android seri Flyer milik HTC. PT Datascrip juga meluncurkan produk tablet berjuluk EG Touch.

Dengan mengandalkan keunggulan sistem operasi open source Android, para produsen komputer yakin, produk tablet Android bakal semakin laris. Meski demikian, mereka juga harus siap bersaing di tengah harga tablet yang semakin murah.

Tentu, yang paling diuntungkan di tengah persaingan yang semakin sengit ini adalah konsumen. Kini, konsumen memiliki semakin banyak pilihan. Bukan hanya jenisnya, harga komputer tablet juga semakin beragam. Konsumen bisa memiliki produk komputer yang canggih dan sekaligus trendi dengan harga yang terjangkau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Test Test

Terbaru