PLN Electric Run 2023 Siap Digelar 10 Desember, Total Hadiah Capai Rp 850 Juta

Kamis, 26 Oktober 2023 | 23:12 WIB   Reporter: Yudho Winarto
PLN Electric Run 2023 Siap Digelar 10 Desember, Total Hadiah Capai Rp 850 Juta

ILUSTRASI. PLN Electric Run


EVENT LARI - JAKARTA. Dalam momentum transisi energi listrik terbarukan, PLN berkolaborasi dengan Harian Kompas (Kompas.id) menyelenggarakan PLN Electric Run.

Mengusung tema “Running the New Spirit”, event lari ini menjadi kesempatan untuk mengajak masyarakat bersama menumbuhkan kembali energi dan pengalaman baru bersama PLN.

PLN Electric Run sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 10 Desember 2023 di Scientia Square Park, Gading Serpong.

Peluncuran acara PLN Electric Run yang diadakan di Jakarta, Kamis (26/10), menghadirkan narasumber Sekretaris Perusahaan PLN Alois Wisnuhardana, Redaktur Pelaksana Harian Kompas Adi Prinantyo, Sport Medicine Doctor Wawan Budisusilo, dan Elite Runner Roby Syianturi.

Baca Juga: PLN Bidik Pendapatan Tambahan Rp 2,6 Triliun di 2027 dari Jualan Panel Surya Atap

Dalam keterangan tertulis, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan tantangan pemanasan global yang disebabkan gas rumah kaca.

Tugas untuk menurunkan emisi harus melibatkan seluruh elemen bangsa agar generasi mendatang bisa hidup lebih baik. Untuk itulah, dalam Hari Listrik Nasional tahun ini PLN menggelorakan semangat transisi energi.

“Oleh karena itu, dalam momentum Hari Listrik Nasional, melalui PLN Electric Run 2023 kami mengajak para runners berlari dengan spirit energi yang baru. Semangat untuk me-refresh jiwa raga dan menjunjung mindset ramah lingkungan. Dengan mengusung tema ’Running the New Spirit’, melalui event ini kami ingin mengajak para peserta untuk ikut menggaungkan spirit ramah lingkungan,” kata Darmawan.

Darmawan menambahkan, sebagai perbandingan, kalau menggunakan BBM, emisi per 10 kmnya adalah 2,4 kg CO2. “Berlari ini tentu menjadi mobilitas tanpa emisi. Jadi bisa dibayangkan, berapa emisi yang bisa kita hindari jika kita melakukan mobilitas dengan berlari,” papar Darmawan.

Event ini memperlombakan 3 kategori jarak yaitu 5K, 10K, dan Half Marathon sehingga semua kalangan pelari jarak jauh maupun jarak pendek memiliki peluang untuk ikut berkompetisi.

Baca Juga: PLN Nusantara Power Akui Hadapi Sejumlah Tantangan Bangun PLTS di IKN

Ini peluang bagi para peserta untuk membangkitkan semangat menyegarkan jiwa raga sembari menjunjung mindset ramah lingkungan.

Seperti dipaparkan Alois Wisnuhardana yang bercerita seputar hadirnya momentum perubahan energi listrik demi menjaga lingkungan bumi.

Adi Prinantyo lebih jauh mengungkap spirit yang diangkat pada PLN Electric Run 2023 yang mengusung tagline “Running The New Spirit”.

Sementara Elite Runner Roby Syianturi dan Wawan Budi Susilo banyak mengisahkan seputar pengalaman berlari serta hal-hal yang perlu diperhatikan agar peserta dapat menikmati lomba semaksimal mungkin.

Sebagai salah satu rangkaian menuju PLN Electric Run 2023 dihadirkan pula We Gather The Spirit, yakni kegiatan plogging, kombinasi lari dan menjaga lingkungan, untuk menggabungkan semangat bersama komunitas lari  dalam mengusung kampanye “Running the New Spirit”.

Baca Juga: PLN Mulai Laksanakan Coal Phase Down di PLTU Suralaya 1-4

Kegiatan yang diikuti sekitar 100 pelari yang terdiri dari para  pelari PLN dan komunitas ini mengitari rute sekitar kawasan  GBK dan senayan sepanjang 3 km.

Dalam rangkaian PLN Electric Run ini juga terdapat Sustainability Program berupa kampanye bertema “The New Spirit of Energy”.

Dalam kampanye ini terdapat sejumlah aksi, pertama, mengurangi 11,880 kg CO2. Dengan mengajak 5.000 peserta dalam berbagai kategori untuk belari di PLN Electric Run 2023 nyatanya dapat mengurangi emisi karbon CO2 sebanyak 11,880 kg.

Kedua, Zero Waste. Untuk menjaga sustainability lingkungan daerah race road, PLN Electric Run 2023 bekerja sama dengan lembaga environment untuk tetap menjaga lingkungan race.

Ketiga, Electric Product. PLN Electric Run 2023 mendekatkan produk nyata energi listrik terbarukan untuk keseharian masyarakat pada road race map. Lead car dan marshal pada race akan dikoordinasikan dengan Electric Car dan Electric Motorcycle.

Keempat, Kontribusi Perkembangan Industri Agrikultur. PLN Electric Run 2023 juga memiliki visi ikut serta dalam pembaharuan energi dengan berkontribusi membantu perkembangan electrifying agriculture di Indonesia.

Baca Juga: Biaya Operasional PLN Tersengat Harga Minyak

PLN Electric Run 2023 menyediakan total hadiah podium sebesar Rp 850 juta. Selain itu, terdapat 2 Wuling Air ev bagi pemecah rekor nasional dan 1 lucky draw Wuling Air ev bagi peserta PLN Electric Run 2023. Masih terdapat hadiah menarik lainnya berupa sepeda motor listrik, iWatch, Airpods, dan voucer PLN.

Untuk mengikuti lomba masing-masing dikenakan biaya Half Marathon Rp 400.000; 10K Rp 300.000; dan 5K Rp 200.000. Peserta akan mendapatkan jersey PLN Electric Run 2023, finisher medal, PLN voucher, BIB Number, dan tote bag.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru