PLN Mendorong Net Zero Emission Lewat PLN Electric Run 2024

Kamis, 01 Agustus 2024 | 19:23 WIB   Reporter: Francisca Bertha Vistika
PLN Mendorong Net Zero Emission Lewat PLN Electric Run 2024

ILUSTRASI. PLN Electric Run 2024 resmi dibuka dan akan digelar 6 Oktober mendatang.


EVENT LARI - JAKARTA. PT PLN kembali menghadirkan PLN Electric Run yang tahun ini mengusung tema "Power Up Togetherness". Event lari ini akan berlangsung pada 6 Oktober 2024 dengan target peserta 6.000 pelari. 

Saat ini, PLN sedang berada pada masa transisi berbasis fosil ke energi terbarukan. Pemerintah juga sudah mencanangkan net zero emission di 2060. Salah satunya, dengan mengubah pembangkit bahan bakar fosil menjadi energi yang terbarukan. 

Selain itu, sebenarnya banyak yang bisa dilakukan untuk mengurangi emisi. Sebut saja, dari penerapan gaya hidup tertentu. Misalnya saja, dengan berlari. 

"Kami berpikir, PLN Electric Run menjadi salah satu cara untuk bisa mencapai net zero emission 2060," ujar Sekretaris Perusahaan PLN Alois Wisnuhardana di acara launching PLN Electric Run, Kamis (1/9) malam. 

"Tidak cuma kelistrikan, tetapi lari itu bisa menjadi salah satu cara mengurangi emisi. Makanya, kami mencoba membuat PLN Electric Run yang berkelanjutan," kata dia.

Baca Juga: Rekomendasi Jam Tangan Lari Terbaik Tahun 2024 yang Baterainya Awet

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, dengan PLN Electric Run 2024, targetnya, bisa mengurangi emisi karbon sebesar 14.363 kg CO2.

Harapannya, acara lari ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya energi terbarukan dan menginspirasi gaya hidup yang lebih ramah lingkungan. 

PLN Electric Run 2024 menawarkan total hadiah podium sebesar Rp 730 juga, dan hadiah spesial berupa Mobil Wuling Air Ev bagi pelari yang berhasil memecahkan rekor timing Half Marathon Indonesia.

Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas Adi Prinantyo menyatakan dukungannya terhadap acara ini. Pasalnya, harian Kompas berkomitmen untuk terus mengangkat isu-isu perubahan dan transisi energi.

"Kami berharap, PLN Electric Run 2024 dapat menjadi gerakan bersama untuk menciptakan dampak positif bagi lingkungan," sebut Adi. 

Baca Juga: 9 Olahraga Pembakar Kalori Paling Banyak, Bikin Cepat Kurus!

PLN Electric Run 2024 akan menghadirkan pengalaman berlari yang unik dengan rute yang telah disiapkan secara khusus oleh Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI).

Sekretaris Jenderal PB PASI Tigor Tanjung mengungkapkan, pihaknya telah merancang rute yang potensial untuk mendorong prestasi para pelari.

 "Kami berharap, akan banyak rekor terpecahkan di PLN Electric Run tahun ini," ungkapnya. 

Sebagai informasi, PLN Electric Run 2024 akan diselenggarakan di kawasan Gading Serpong, Tangerang.

Selanjutnya: AwanTunai Menggaet Fasilitas Social Loan Sebesar Rp 300 Miliar dari HSBC Indonesia

Menarik Dibaca: Peringatan Dini Cuaca Besok (2/8) Hujan Deras, Status Waspada Bencana Provinsi Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Francisca bertha

Terbaru