Prediksi Tren Warna 2024 di Industri Fashion dan Bagaimana Proses Meramalnya

Senin, 11 Desember 2023 | 13:54 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Prediksi Tren Warna 2024 di Industri Fashion dan Bagaimana Proses Meramalnya

ILUSTRASI. Prediksi Tren Warna 2024 di Industri Fashion dan Bagaimana Proses Meramalnya. KONTAN/BAihaki/21/2/2020


Tren Warna 2024 - JAKARTA. Kenali apa itu Tren Warna 2024 yang dapat berubah setiap tahunnya. Industri fashion hingga Furniture menjadi percabangan industri kreatif dengan perkembangan yang sangat pesat.

Industri tersebut membutuhkan inovasi mulai dari sisi desain hingga penempatan warna dari permintaan pasar.

Nah, salah satu topik bahasan yang diperbarui setiap tahun adalah tren warna yang tentu menjadi patokan kedua industri untuk berkembang.

Lalu, apa itu tren warna? Kenapa bisa diprediksi setiap tahun dan terus berubah? Untuk itu kenali tren warna tahun depan 2024 dan proses memprediksinya.

Baca Juga: Melalui Program Let’s Colour, Dulux Warnai 25 Sekolah PAUD di Hari Anak Sedunia

Apa itu prediksi tren warna?

Batik For The World-Menuju 1000 Kain

Melansir dari The Patternedit, prediksi tren warna merupakan bagian dari praktik menebak hingga mempelajari warna dan cerita warna yang ingin dibeli konsumen dalam waktu dekat. Selera soal warna tidak hanya di dunia fesyen: produsen otomotif, dekorasi rumah, barang konsumsi, material, dan bahkan industri makanan menggunakan peramalan warna.

Prediksi warna telah hadir dalam berbagai bentuk sejak awal abad ke-19. Ini dimulai dengan sederhana, dengan buku dan disertasi mengenai karakteristik warna tertentu dan dampak psikologisnya, bersama dengan ilmu warna.

Prediksi warna kini telah menjadi alat komunikasi vital yang digunakan oleh para profesional desain warna untuk berinteraksi dengan dunia di sekitar kita. Lebih tepatnya, prediksi warna membantu pelaku seni mengantisipasi keadaan dunia di masa depan, menghargai tantangan dan keelokannya.

Dengan semakin banyak perusahaan yang beralih ke ranah online, prediksi warna akan terus menjadi kebutuhan untuk mencapai hati jutaan orang melalui komunikasi yang lebih efektif.

Baca Juga: Simak! Inspirasi Flat Shoes dari Merek Lokal Legendaris Yongki Komaladi

Bagaimana cara memprediksi tren warna?

Para profesional dari seluruh penjuru dunia memanfaatkan kekuatan pengetahuan kolektif untuk memprediksi warna mana yang akan “populer” dalam dua tahun dari sekarang.

Perusahaan menggunakan penelitian terkait konsumen hingga perkembangan media sosial untuk desain yang lebih cerdas. Pelaku industri menggunakan perkiraan warna dalam kemasan, papan tanda, desain produk, dan banyak lagi.

Perkiraan warna memberi orang kemampuan untuk mengomunikasikan suasana hati atau perasaan yang relevan dengan perasaan konsumen pada suatu waktu. Ini menjadi strategi ampuh yang membuat pengiriman pesan menjadi lebih efektif.

Berikut adalah beberapa langkah umum yang diambil oleh para desainer dan pakar tren untuk memprediksi tren warna:

  • Partisipasi dalam Acara Fashion: Pameran fashion dan pekan mode untuk mengamati warna yang mendominasi panggung dapat menjadi ajang untuk memantau perubahan arah fashion tersebut.
  • Analisis Media Sosial: Memantau platform media sosial untuk melihat tren warna yang sedang naik daun. Menganalisis warna yang sering muncul dalam gambar-gambar populer.
  • Penelitian Pasar dan Konsumen: Mengetahui preferensi konsumen dan perilaku belanja. Melakukan survei atau studi pasar untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut.
  • Mengikuti Pantone dan Laporan Tren Warna Lainnya: Pantone dan lembaga riset warna lainnya merilis laporan tahunan tentang tren warna. Menggunakan laporan ini sebagai panduan untuk menyesuaikan palet warna.

Prediksi tren warna 2024

Untuk itu, cek beberapa prediksi tren warna 2024 yang berasal dari penelitian Coloro dan WGSN.

1. Cyber Lime

Ilustrasi Fashion

Sebuah nuansa kuning yang cerah, asam, dan bersinar menunjukkan energi optimis dan bermain yang dicari oleh konsumen yang akan menarik perhatian baik dalam pengaturan digital maupun fisik.

Ini menyuntikkan kualitas fantasi dan mimpi yang dapat bekerja di berbagai kategori dan pasar termasuk pakaian olahraga, renang, resor, pakaian luar, dan lainnya, serta mudah dimasukkan ke dalam cetakan musiman termasuk motif kotak-kotak, garis-garis, dan bunga, serta pola abstrak.

Jika Anda ingin menggunakan Cyber Lime dalam desain Anda, buat nuansa yang ceria dengan core mid-tones yang lebih gelap seperti cokelat, hijau kebiruan, dan arang. Anda bisa memberikan energi yang ceria dengan nuansa neon lainnya untuk arah yang membangkitkan semangat.

Anda bisa memadukan Cyber Lime dengan pastel netral dan depigmentasi untuk arah yang serbaguna dan mempromosikan kesejahteraan.

2. Fondant Pink

High heels pink, Nudist Glam 100 dari Stuart Weitzman

Fondant Pink merupakan salah satu warna pastel berpigmen yang memiliki daya tarik yang santai. Kelembutannya menunjukkan tren bagi konsumen yang mencari perasaan kesejahteraan untuk membantu mereka melepaskan ketegangan beban sehari-hari.

Warna berpigmen ini mudah beradaptasi antara pengaturan fisik dan virtual karena gaya hidup hibrid memaksa konsumen untuk mempertimbangkan dampak pilihan mereka baik dalam pengaturan virtual maupun nyata.

Padukan Fondant Pink dengan warna gelap untuk tampilan yang kuat dan serbaguna yang cocok untuk berpakaian dari siang hingga malam. Anda bisa memadukan Fondant Pink dengan pastel sejenis untuk desain yang menenangkan dan restoratif.

3. Radiant Red

Ilustrasi Fashion

Merah dari Astro Dust yang tidak seimbang pada Musim Gugur 2023 menjadi nuansa merah yang jenuh untuk Musim Semi 2024. Warna ini diklaim penuh energi dengan arti dari saturasinya menunjukkan keinginan akan keterlibatan emosional dan mental yang energetik.

Warna merah dikaitkan dengan kekuatan, motivasi yang diperbaharui, permainan, dan kualitas yang menyegarkan bagi konsumen yang ingin membuat pernyataan berani.

Seimbangkan Radiant Red dengan warna netral dan nuansa depigmentasi untuk daya tarik yang lebih sehari-hari dan abadi. Padukan Radiant Red dalam palet warna duo dengan pigmen intens lainnya untuk tampilan mencolok.

4. Elemental Blue

Ilustrasi Fashion

Biru berubah dari nuansa karakteristik Galactic Cobalt di tahun ini akan diprediksi berubah menjadi Elemental Blue yang lebih netral pada Musim Semi 2024. Warna ini mencerminkan keinginan akan keseimbangan, keharmonisan, dan energi yang tidak mengganggu saat konsumen berusaha merefleksikan diri.

Biru mid-tone serupa Pantone Blue Perennial dan Summer Song juga dihighlight dalam Pantone Fashion Color Trend Report untuk Musim Semi 2023.

Anda bisa memadukan Elemental Blue dengan netral monokromatik dan pastel berdebu untuk daya tarik yang tidak mencolok dan sederhana. Tambahkan sentuhan pastel yang bersinar untuk daya tarik yang lebih meningkatkan.

5. Brown Nutshell

Ilustrasi Fashion

Nuansa cokelat yang dipenuhi dengan merah memberikan karakter pada warna netral inti tradisional. Kualitas hangatnya mengundang rasa koneksi, jaminan, keaslian, dan kualitas, dan kerajinan. Ini menunjukkan keinginan akan keberlanjutan, keabadian, dan koneksi.

Padukan Nutshell dalam palet warna duo dengan mid-tones utama seperti merah, hijau, dan biru untuk potongan-potongan berpernyataan yang halus. Nutshell dalam palet monokromatik diklaim bisa menarik pelanggan dan memiliki mencari keabadian.

Kelima warna kunci yang disorot menunjukkan pergeseran yang berkembang dalam suasana hati dan preferensi konsumen daripada satu cerita warna tunggal atau panduan warna yang tepat.

Demikian informasi terkait prediksi tren warna 2024 yang bisa menjadikan referensi perencanaan di industri yang Anda geluti.

Selanjutnya: Harga Emas di Pegadaian, Siang Ini Senin 11 Desember 2023, Cek Daftarnya di Sini

Menarik Dibaca: Bunga Deposito Bank Mandiri per 11 Desember 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru