Sport

Presiden UEFA: Liga Champions dan Liga Europa harus kelar sebelum bulan Agustus

Minggu, 05 April 2020 | 06:52 WIB Sumber: Kompas.com
Presiden UEFA: Liga Champions dan Liga Europa harus kelar sebelum bulan Agustus

ILUSTRASI. Ilustrasi logo UEFA

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) Aleksander Ceferin akhirnya  buka suara mengenai keberlanjutan kompetisi Liga Champions dan Liga Europa di tengah pandemi virus corona. 

Aleksander Ceferin menegaskan, Liga Champions dan Liga Europa harus selesai pada 3 Agustus 2020. Presiden UEFA menyampaikan hal tersebut saat wawancara dengan stasiun televisi Jerman, ZDF. 

"Itu harus selesai pada 3 Agustus, baik Liga Champions maupun Liga Europa," kata Aleksander Ceferin dikutip dari Football Italia. 

Baca Juga: Sah, UEFA akhirnya membekukan Liga Champions dan Liga Europa musim 2019/2020

"Ini adalah situasi yang luar biasa di mana kami berada, jadi kami harus fleksibel pada tanggal dan waktu kick-off," ucapnya. Lebih lanjut, Aleksader Caferin menilai, jika virus corona dapat mereda lebih awal, maka kompetisi Liga Champions dan Liga Europa dapat kembali lebih cepat.. 

Dia pun mengakui bahwa UEFA juga sedang mempersiapkan untuk bisa mencapai target tersebut. UEFA berencana untuk memainkan pertandingan di tempat netral. 

"Kami bisa bermain dengan sistem saat ini, atau dalam pertandingan satu kali yang dimainkan di wilayah netral," ucap Aleksander Ceferin. 

"Untuk saat ini, itu hanya opsi di babak perempat final atau semifinal," tuturnya. 

Baca Juga: Klub Liga Serie A Italia dilarang gelar latihan hingga 13 April 2020

"Satu-satunya keputusan yang salah yang bisa kami buat sekarang adalah bermain dengan cara yang membahayakan kesehatan dan keselamatan pemain, penggemar, dan wasit," tambah dia.

"Namun, jika kami dalam kondisi aman, saya tidak melihat masalahnya," tutur Aleksander Ceferin. 

Liga Champions dan Liga Europa musim ini sudah memasuki fase knock-out dan harus dihentikan sementara karena pandemi virus corona atau Covid-19 yang tengah mewabah di Benua Eropa. (Kevin Topan Kristianto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Presiden UEFA: Liga Champions dan Liga Europa Harus Tuntas Agustus".


Editor: Anna Suci Perwitasari


Terbaru