Printer multifungsi makin pintar

Senin, 04 Juni 2012 | 09:25 WIB Sumber: Harian KONTAN, 4 Juni 2012
Printer multifungsi makin pintar

ILUSTRASI. Petugas kesehatan menunjukkan vaksin COVID-19 AstraZeneca di Sentra Vaksinasi Central Park dan Neo Soho Mall, Jakarta Barat, Sabtu (8/5/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.


Alat elektronik multifungsi makin diburu masyarakat. Contohnya printer. Orang makin membutuhkan perangkat ini lantaran semakin memiliki banyak fungsi. Bukan hanya fungsi dasar mencetak, melainkan juga memindai dokumen, gambar, atau pekerjaan lainnya.

Salah satu printer multifungsi yang baru saja meluncur ke pasar di antaranya LaserJet Pro 200 color MPF M275 dari Hewlett-Packard (HP). Charles Simanjuntak, Market Development Manager LaserJet & Enterprise Solutions (LES) Imaging & Printing Group HP Indonesia, mengklaim, printer ini merupakan printer pertama di Indonesia yang mempunyai kemampuan memindai objek tiga dimensi (3D) dengan kualitas yang impresif.

Inovasi TopShot Scanning pada printer ini menghadirkan cara baru memindai dokumen. "Tujuannya agar bisa digunakan dengan cepat untuk presentasi atau dicetak dengan kualitas tinggi," kata Charles.

Keunggulan memindai gambar dengan kualitas tinggi itu, menurut Charles, sangat mendukung produktivitas kerja penggunanya. Maklum, kegiatan bisnis membutuhkan kemudahan penyimpanan, pengiriman, pencarian, serta pengarsipan, sejalan dengan kebutuhan terhadap tingkat keamanan dokumen. Asal Anda tahu, dengan teknologi ini, Anda bisa mengunci file dokumen hasil pindaian agar tak bisa dibuka oleh sembarang orang.

Di samping HP, Canon juga punya printer multifungsi dengan kemampuan memindai berkualitas tinggi, yaitu Pixma MX897. Printer kelas premium ini memiliki fitur Automatic Document Feeder (ADF). Dengan fitur itu, kegiatan memindai dokumen bolak-balik bisa dilakukan sekaligus. "Proses memindai dokumen cukup memakan waktu singkat dengan ADF," kata Monica Aryasetiawan, Divison Manager Canon Consumer System Product PT Datascrip.

Tak hanya kemampuan memindai saja keunggulan Canon. Pengguna bisa langsung menyalin atau menggandakan dokumen dua sisi bolak-bolak sekaligus. Kekeliruan penggunaan kertas saat penggantian dari kertas biasa ke kertas foto juga bisa diatasi dengan tersedianya dua saluran pengisi kertas, yaitu kertas biasa dan kertas foto di printer ini.

Menyasar SOHO alias UKM

Printer multifungsi ini juga makin lengkap dengan fitur Auto Duplex Printing. Dengan fitur ini, pengguna tak perlu membalik lembaran-lembaran kertas secara manual karena mencetak bisa dilakukan di kedua sisi kertas sekaligus. Fungsi ini tentu saja bisa menghemat penggunaan kertas dan mengurangi biaya operasional.

Printer multifungsi banyak dipergunakan oleh para pelaku usaha kecil dan menengah dan small office/home office (SOHO). Segmen inilah yang dibidik pinter LaserJet Pro 200 color MPF M275. "Pangsa pasar usaha kecil yang butuh alat ini sangat besar dan tumbuh dengan pesat," kata Charles.

Apalagi, dengan keunggulan memindai gambar 3D, banyak sekali para pebisnis SOHO yang membutuhkannya. Terutama, mereka yang banyak memanfaatkan internet dalam mengunggah gambar sebagai contoh produk mereka. Dengan kualitas gambar yang lebih tajam dan berkualitas, produk yang ditawarkan di website atau media sosial secara online akan lebih menarik pembeli.

Senada, dengan konektivitas mobile-nya, Pixma MX897 juga mengincar segmen SOHO alias Usaha Kecil Menengah (UKM). "Pasarnya sangat potensial dan perkembangan UKM cukup bagus belakangan ini," ujar Monica.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Catur Ari

Terbaru