Produk teh Indonesia menang kejuaraan di Prancis

Kamis, 19 Juli 2018 | 18:23 WIB   Reporter: Agung Hidayat
Produk teh Indonesia menang kejuaraan di Prancis

ILUSTRASI. Ilustrasi Teh Kemasan


INDONESIA - JAKARTA. Pada 10 Juli 2018 yang lalu, AVPA France memberikan penghargaan kepada salah satu produk black tea Indonesia yang diproduksi oleh PT Bukitsari dengan merk Bankitwangi dari Cianjur.

Penghargaan "AVPA Gourmet Product 2018" ini diberikan langsung oleh Presiden AVPA, Philippe Juglar di Paris kepada Bapak Suryo Tutuko, selaku distributor utama dan perwakilan PT Bukitsari, disaksikan oleh Duta Besar RI Paris, Dr Hotmangaradja Pandjaitan.

Black tea dari PT Bukitsari mendapatkan penghargaan Gourmet setelah mengikuti ajang kompetisi internasional AVPA “Tea’s of The World” yang diikuti oleh 113 peserta lainnya dari 15 negara. Proses penjurian memang sangat ketat. Hanya 53 peserta dari 113 yang mendapatkan penghargaan Gourmet Product Paris 2018.

Penanggungjawab kompetisi Gourmet Tea’s of The World, Laurent Pascault dari AVPA mewakili para juri Gourmet di Paris mengatakan bahwa black tea yang dibawa oleh PT Bukitsari teksturnya kuat, tanpa mendominasi keseluruhan rasanya yang original.

Produk teh yang dipertandingkan dibagi ke dalam sembilan kategori, yaitu green tea, white tea, oolong clear, Darjeeling, oolong moyen, oolong oriental beauty, oolong dark, black tea, dan no category.

AVPA (Agency for the Valorization of Agricultural Products) berdomisili di Paris, Prancis. AVPA memiliki misi untuk membantu meningkatkan nilai tambah produk-produk jadi pertanian dari negara-negara produsen dan membantu memasarkan produk tersebut pada tingkat nasional dan internasional.

Produk-produk yang diberikan sertifikasi Gourmet merupakan produk-produk jadi seperti produk teh dan kopi yang siap dikonsumsi atau sudah di-roasted di negara asal (bukan komoditas), sehingga lebih mahal nilai jualnya. Dengan demikian diharapkan dapat membantu meningkatkan nilai ekspor negara dan lebih menguntungkan semua pihak.

Selain itu, produk teh atau kopi tersebut harus memenuhi syarat berbagai kriteria penjurian, serta memiliki cita rasa yang original sesuai asal geografis, unik dan berpotensi untuk bersaing di pasar Eropa. 

Selaku country manager AVPA France untuk Indonesia, Annelis Putri, mengharapkan akan semakin banyak produk-produk Indonesia yang mengikuti kompetisi Gourmet International ini, agar produk-produk Indonesia terutama teh dan Kopi Indonesia, menjadi semakin dikenal di Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru