Profil dan Perjalanan Karier Mieke Wijaya, Artis Senior Pemain Film Tiga Dara

Rabu, 04 Mei 2022 | 10:17 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Profil dan Perjalanan Karier Mieke Wijaya, Artis Senior Pemain Film Tiga Dara

ILUSTRASI. Mieke Wijaya


KONTAN.CO.ID - Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan Tanah Air. Aktris senior Mieke Wijaya meninggal dunia pada Selasa (3/5/2022) dalam usia 82 tahun. 

“Innalillahi wainnailaihi rojiun, telah berpulang ibu kami, Hj Mieke Wijaya. Insya Allah husnul khatimah, mohon dimaafkan jika ada kesalahan mama,” kata Nia Zulkarnaen di kawasan Cilandak, dikutip dari Kompas.com, Rabu (4/5/2022). 

Daftar Isi

Nia Zulkarnaen yang merupakan putri Mieke Wijaya mengatakan bahwa ibunya sempat dirawat di rumah sakit. Mieke Wijaya dikenal sebagai salah satu aktris legendaris Tanah Air. 

Lantas, seperti apa profil dan karier Mieke Wijaya?

Baca Juga: Tak Kalah Bagus, Ini Rekomendasi 4 Web Series Indonesia yang Wajib Tonton!

Profil Mieke Wijaya

Dikutip dari lama IMDB, Mieke Wijaya lahir pada 17 Maret 1940 di Bandoeng, Preanger, Hindia Belanda (sekarang Bandung, Jawa Barat, Indonesia).

Mieke Wijaya adalah seorang aktris yang dikenal karena film Tiga Dara (1956), Gadis diseberang djalan (1960) dan Akce Kalimantan (1962). 

Mieke Wijaya menikah dengan Dicky Zulkarnaen yang meninggal pada 10 Maret 1995.

Mieke Wijaya memiliki tiga anak yakni Tirza Valentina Zulkarnaen, Ade Miskarana Zulkarnaen, Vanya (Nia) Zulkarnaen dan Barman Morgana Zulkarnaen.

Baca Juga: Daftar Film Indonesia Baru di Bioskop Bulan Desember, Teka-Teki Tika Tayang Hari Ini

Perjalanan karier Mieke Wijaya

Mieke memulai kariernya sebagai aktris sejak usia remaja tepatnya pada 15 tahun. Film debutnya, Gagal, rilis pada 1955. Dirangkum dari Kompas.com (4/5/2022), Mieke Wijaya menjadi Pemeran Utama Wanita Terbaik pada 1967 lewat perannya di film Gadis Kerudung Putih. 

Selanjutnya pada 1975, Mieke memenangi kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik lewat perannya di film Ranjang Pengantin. Lalu pada 1981, Mieke memenangi kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik lewat perannya di film Kembang Semusim.

Mieke Wijaya pernah memperoleh tiga Piala Citra atau penghargaan Festival Film Indonesia. 

Baca Juga: 9 Film Indonesia Di Bioskop Bulan Desember 2021, Yowis Ben Finale Tayang Hari Ini

Karier Mieke di industri perfilman Indonesia membawanya dianugerahi Lifetime Achievement Award di Festival Film Bandung 2011 dan Indonesian Movie Actors Awards 2015. 

Selama 64 tahun berkarier, Mieke Wijaya telah bermain hampir dalam 80 film. Kemunculan terbarunya di layar lebar adalah lewat film Ayat Ayat Cinta (2008). 

Mieke juga getol muncul di televisi lewat sinetron. Sinetron pertama Mieke, Rumah Masa Depan, tayang pada 1984. Adapun sinetron terakhirnya, Supir dan Majikan, tayang pada 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru