Profil Singkat SMA Pradita Dirgantara, Syarat Masuk, dan Biaya Pendidikannya

Selasa, 06 September 2022 | 11:45 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Profil Singkat SMA Pradita Dirgantara, Syarat Masuk, dan Biaya Pendidikannya

ILUSTRASI. Profil Singkat SMA Pradita Dirgantara, Syarat Masuk, dan Biaya Pendidikannya.


KONTAN.CO.ID -  Peringkat ketiga sekolah terbaik di Indonesia tahun 2022 yang dirilis oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) diraih oleh SMA Pradita Dirgantara (SMA PD). 

Sebagian masyarakat mungkin belum mengenal SMA berbasis kedirgantaraan ini, mengingat SMA PD baru didirikan pada tahun 2017 lalu.

Bersumber dari situs resminya, SMA Pradita Dirgantara berdiri atas kerjasama Ardhya Garini (Yasarini) TNI Angkatan Udara dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS). 

Meskipun baru meluluskan dua angkatan alumni, yaitu angkatan pertama (2021) dan angkatan kedua (2022), SMA Pradita Dirgantara berhasil meraih peringkat ke-3 SMA terbaik di Indonesia versi LTMPT. 

Baca Juga: HPM Buka Kembali Lowongan Kerja 2022, Ini Posisi yang Ditawarkan

SMA Pradita Dirgantara berlokasi di Surakarta, Jawa Tengah. SMA ini fasilitas asrama dan fasilitas pendukung pendidikan lainnya dan bisa dimanfaatkan oleh siswa. 

Selain asrama, siswa juga mendapatkan makan sebanyak 3 kali sehari dan snack atau camilan 2 kali sehari.

Biaya pendidikan SMA Pradita Dirgantara

Hingga saat ini, siswa mendapatkan beasiswa dan tidak ada biaya yang dibebankan untuk menjadi siswa di SMA Pradita Dirgantara.

Artinya, biaya uang gedung, uang sumbangan, hingga uang SPP tidak dibebankan kepada orangtua siswa. Semua biaya tersebut ditanggung oleh Yasarini selaku organisasi yang menaungi SMA Pradita DIrgantara. 

Mulai angkatan ke-4 tahun 2021, kategori biaya yang harus dibayarkan orangtua adalah laptop Macbook. 

Orangtua bisa membeli laptop tersebut melalui SMA PD dan bisa dicicil selama 3 tahun dan menjadi milik pribadi. Namun, Anda bisa membeli Macbook secara mandiri sesuai dengan spek yang telah ditentukan. 

Selain biaya pendidikan yang gratis, siswa juga mendapatkan seragam gratis. Jika ada perubahan ukuran atau rusak, biaya perbaikan seragam akan ditanggung orangtua siswa. 

Cakupan dari beasiswa yang diberikan oleh SMA kedirgantaraan ini diantaranya:

  • Biaya pendidikan
  • Biaya uang gedung
  • Fasilitas asrama
  • Biaya mengikuti kurikulum IB
  • Biaya mengikuti kurikulum Cambridge
  • Seragam sekolah awal dan pakaian pesiar
  • Makan pagi, siang dan malam beserta snack
  • Biaya kegiatan/lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan
  • Fasilitas mengangsur laptop Macbook menjadi milik pribadi siswa

Baca Juga: Daftar Pekerjaan dengan Gaji Tinggi di Indonesia Tahun 2022, Referensi Pencari Kerja

Syarat mendaftar SMA Pradita Dirgantara

Bagi masyarakat yang tertarik melanjutkan pendidikan ke SMA PD, Anda wajib memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh sekolah ini. 

Berdasarkan persyaratan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2022/2023, berikut ini syarat umum calon siswa SMA Pradita Dirgantara:

  • Warga Negara Indonesia (WNI), laki-laki dan perempuan
  • Lulus SMP/sederajat tahun pelajaran 2021/2022
  • Tidak pernah tinggal kelas selama di SMP/sederajat

Selain persyaratan umum, calon siswa baru juga wajib memenuhi persyaratan nilai rata-rata. Peserta harus memiliki nilai total mata pelajaran bahasa Inggris, IPA, dan Matematika minimal 90. 

Nilai tersebut merupakan nilai total ketiga pelajaran, terhitung dari semester 1-5. Kemudian, nilai tersebut dibagi 15 dan hasil pembagian ini minimal 90. 

Selain nilai rata-rata, calon siswa juga diharuskan memiliki skor tes IQ casis minimal 115 yang dilakukan di lembaga/biro psikolog sesuai dengan ketentuan SMA Pradita Dirgantara. 

Peserta nantinya akan mengikuti dua tahap seleksi yakni Seleksi Daerah dan Seleksi Pusat. 

Pada tahun 2022, SMA Pradita Dirgantara membuka tiga jalur penerimaan siswa baru yaitu Jalur Prestasi Akademik, Jalur Tahfidz, dan Jalur Reguler. 

Peserta jalur Tahfidz dan jalur Reguler wajib mengikuti kedua tahapan ini. Bagi calon siswa yang mendapatkan medali emas pada olimpiade nasional internasional dan mendaftar jalur prestasi akan mendapatkan skor tambahan dan bisa langsung mengikuti seleksi pusat tanpa mengikuti seleksi daerah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru