Profil Suwon FC, Klub K League 1 yang Kabarnya Bakal Rekrut Pratama Arhan

Selasa, 26 September 2023 | 13:04 WIB   Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo
Profil Suwon FC, Klub K League 1 yang Kabarnya Bakal Rekrut Pratama Arhan

ILUSTRASI. Seorang suporter Suwon FC membawa bendera dukungan.


SEPAK BOLA - Berita cukup mengejutkan datang dari Korea Selatan. Salah satu klub sepak bola yang berlaga di K League 1, Suwon FC, dikabarkan akan merekrut bek tim nasional Indonesia, Pratama Arhan.

Kabar ini pertama kali disampaikan oleh Sport Chosun pada hari Selasa (26/9). Suwon FC dan Arhan bahkan telah mencapai kesepakatan secara pribadi.

"Suwon FC hampir merekrut pemain nasional Indonesia Pratama Arhan. Kesepakatan luas telah dicapai dengan Arhan, yang berstatus bebas transfer, dan detailnya rencananya akan diumumkan dan segera diselesaikan," tulis Chosun, mengutip seorang pejabat yang dekat dengan kabar tersebut.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tetapkan Keppres tentang Panitia Nasional Piala Dunia FIFA U-17 2023

Jika benar terjadi, Arhan akan menjadi pemain Indonesia pertama yang berseragam Suwon FC.

Manajer Suwon FC, Choi Soon-ho, mengaku telah mengamati pasar Asia Tenggara untuk meningkatkan performa klub yang kini ada di peringkat 10 klasemen K League 1, kasta tertinggi kompetisi liga sepak bola Negeri Ginseng.

Suwon FC hampir dipastikan akan turun kasta kedua, K League 2, musim depan.

Pratama Arhan

Suwon FC disebut telah secara aktif berkomunikasi dengan Arhan dan menyampaikan niat untuk memboyongnya ke Suwon. Arhan pun disebut tertarik dengan rencana Suwon FC dan menyatakan kesediaannya untuk pindah ke Korea Selatan.

Baca Juga: Indonesia Kalah Lawan Korea Utara 1-0 Timnas U-23 Asian Games 2023 Angkat Koper?

Profil Suwon FC

Usia Suwon FC terbilang masih cukup muda karena baru terbentuk pada 15 Maret 2003. Di awal kelahirannya, Suwon FC bergabung dengan Korea National League yang statusnya masih semi-profesional. Liga ini sekarang disebut K2 League.

Suwon FC meraih trofi pertama mereka pada tahun 2004 saat menjuarai Korean President's Cup National Football Tournament.

Nama Suwon FC mulai diperhitungkan sejak saat itu. Klub yang bermarkas di kota Suwon ini bahkan mampu mencapai babak play-off Korea National League sebanyak empat kali antara tahun 2005 dan 2009. Sayangnya, selama periode itu Suwon FC gagal meraih satu trofi pun.

Tahun 2010,  Suwon FC sukses menjuarai liga setelah mengalahkan Daejeon Korea Hydro & Nuclear Power dengan agregat 2–1 di final.

Dua tahun berselang, Suwon FC secara resmi diumumkan sebagai klub profesional. Di tahun 2012 pula nama Suwon FC resmi digunakan sebagai syarat untuk bergabung dengan K League. Sebelumnya klub ini merumput dengan nama Suwon City FC.

Baca Juga: Segera Daftar! Penjualan Tiket Pertandingan FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023 Dibuka

Di tahun 2013, Suwon FC bergabung dengan K League Challenge tingkat kedua. Suwon FC mengakhiri musim ini dengan finish di posisi keempat dan menjadi satu-satunya klub K League Challenge yang mencapai perempat final Piala FA.

Nama Suwon FC semakin melejit pada musim 2015 ketika mereka mengakhiri musim di tempat ketiga dan maju ke play-off K League Challenge. Di babak ini Suwon FC menyingkirkan Seoul E-Land dan Daegu FC.

Di babak terakhir, Suwon FC mengalahkan tim divisi teratas Busan IPark dengan agregat 3-0 dan mendapatkan promosi ke K League Classic musim 2016.

Suwon FC kini telah berada di K League 1 sejak musim 2021. Musim ini mereka masih berjuang di papan bawah klasemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru