CLOSE [X]

Promosi Pendidikan ke Indonesia, Ini Kelebihan Kuliah di Turki

Minggu, 19 Juni 2022 | 05:45 WIB   Reporter: Fahriyadi
Promosi Pendidikan ke Indonesia, Ini Kelebihan Kuliah di Turki


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selama ini masyarakat Indonesia mengenal Turki sebagai negara destinasi wisata yang menyenangkan karena lokasinya yang berada di perbatasan Asia dan Eropa. Namun, tak hanya untuk liburan, Turki juga mulai menawarkan destinasi pendidikan yang mumpuni. Tak banyak yang mengetaui bahhwa Turki memiliki banyak universitas yan menarik bagi calon mahasiswa Indonesia yang ingin kuliah di luar negeri.

Pada Sabtu dan Minggu, 18 dan 19 Juni 2022, bertempat di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta tengah digelar Pameran Pendidikan Universitas Turki yan pertama kali di Indonesia. Sebanyak 17 universitas swasta di Turki yang berlokasi di Ankara dan Istanbul berpromosi untuk mengggaet calon mahasiswa asal Indonesia.

Apa keuntungan kuliah di Turki dibandingkan negara lain?. Ibrahim Albayrak, Founder Edutolia Education, perusahaan konsultan studi di luar negeri untuk siswa internasional yang ingin belajar di Turki mengatakan, mahasiswa Indonesia bisa mendapatkan sejumlah keuntungan belajar di Turki.

Pertama, pendidikan di Turki terus berkembang dan kini tercatat ada lebi dari 200 universitas yang telahh berdiri di Turki. Adapun yang ditawarkan ke calon mahasiswa di Indonesia adalah yan secara kualitas sudah baik, termasuk ijazah, akreditasi dan juga standar kualitas program studi yan suda diakui secara internasional. Mulai dari jenjang Associate, Undergraduate, Graduate, Doctorate, dan juga program jangka pendek seperti kursus singkat hingga sekolah musim panas.

Kedua, Indonesia dan Turki memiliki kultur yang serupa. Dengan sama-sama berstatus negara mayoritas muslim, Turki menyediakan makanan halal sehingga mahasiswa muslim asal Indonesia tak akan kesulitan mencari makanan halal ketimbang negara lain seperti Australia, Korea Selatan, dan negara Eropa lain. Apalagi, Turki terkenal dengan peradaban Islam yang banyak menarik perhatian masyarakat muslim, termasuk dari Indonesia.

Ketiga, biaya hidup yang murah. Albayrak menyebut biaya hidup di Turki, khususnya di Istanbul lebih murah disbanding negara tujuan belajar mahasiswa Indonesia. Ia mencontohkan biaya hidup per bulan untuk tiap mahasiswa asing di Turki sekitar US$ 400. Bahkan, menurutnya, biaya hidup ini lebih murah ketimbang di Jakarta.

“Faktor ini yang bisa dipertimbangkan untuk memilih Turki sebagai tempat belajar siswa Indoensia di luar negeri,” ujar Albayrak di Jakarta, Sabtu (18/6).

Berdasarkan pantauan Edutolia Education cukup banyak maasiswa Indonesia yang memilih berkuliah di Turki. Namun, umumnya mereka melalui jalur mandiri dan mencari informasi sendiri tentang universitas di Turki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Fahriyadi .

Terbaru