Edukasi

PSBB berakhir, lindungi anak Anda saat di sekolah

Rabu, 01 Juli 2020 | 11:38 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
PSBB berakhir, lindungi anak Anda saat di sekolah

ILUSTRASI. Lindungi anak Anda saat di sekolah setelah PSBB berakhir. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/foc.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PSBB di beberapa wilayah zona hijau sudah akan berakhir, dan sekolah-sekolah di daerah tersebut sudah siap untuk membuka kembali kegiatan belajar-mengajar. Berakhirnya PSBB bukan berarti Anda sudah boleh lepas dari protokol kesehatan, terutama kepada anak Anda. 

Masih ada kekhawatiran virus ini bisa kembali terjangkit di daerah yang sudah berstatus zona hijau sekalipun. Membekali si kecil dengan pengetahuan tentang Covid-19, sangat membantu Anda melindungi kesehatan buah hati. Apa saja yang harus Anda berikan kepada putra-putri Anda?

Baca Juga: Ini tata cara PPDB online DKI Jakarta jalur prestasi yang dibuka hari ini

Hal pertama yang perlu Anda berikan kepada buah hati adalah informasi tentang Covid 19. Berikan penjelasan yang mudah dipahami tentang virus ini serta akibatnya. Membuat sebuah alat peraga penuh warna dan gambar akan membantu anak Anda yang masih TK maupun SD.

Selanjutnya ajarkan putra-putri Anda cara bersin dan batuk yang benar. Contohkan kepada mereka untuk menutup mulut dan hidung dengan lengan dalam baju. Jika terpaksa menggunakan tangan, ingatkan buah hati untuk segera mencuci tangan dengan benar selama 20 detik menggunakan sabun. 

Baca Juga: Hari ini PPDB online DKI Jakarta jalur prestasi dibuka siswa belum lolos silakan ikut

Bekali buah hati Anda dengan masker kain dan hand sanitizer. Pastikan anak Anda selalu menggunakan masker, terutama saat bersama dengan teman atau di lingkungan yang ramai. Anda bisa mengingatkan para guru untuk lebih awas dengan protokol kesehatan. Selain masker dan hand sanitaizer, bekali juga anak-anak Anda dengan peralatan makan pribadi berupa alat makan dan botol minuman pribadi.

Baca Juga: Sistem PPDB DKI dikecam, orangtua murid adukan Kadisdik ke Ombudsman

Saat pulang sekolah, mandikan buah hati Anda dan jangan lupa cuci langsung baju sekolah mereka. Berikan multivitamin tambahan serta makanan yang kaya gizi untuk meningkatkan imun tubuh. 

Meskipun PSBB akan berakhir dan New Normal perlahan diterapkan, Anda dan keluarga bisa terhindar dari Covid 19 dengan protokol kesehatan yang tetap diterapkan. 

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru