Punya maskapai Susi Air, berapa sih kekayaan mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti?

Minggu, 05 Juli 2020 | 10:41 WIB Sumber: Kompas.com
Punya maskapai Susi Air, berapa sih kekayaan mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti?

ILUSTRASI. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Jadi bos Susi Air, mantan menteri KKP Susi Pudjiastuti punya harta Rp 78 miliar. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/nz


TOKOH - JAKARTA. Nama Susi Pudjiastuti mulai banyak dikenal publik setelah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) periode 2014-2019. Sebelum masuk kabinet, namanya lebih familiar dengan dunia maskapai penerbangan. 

Susi adalah pemilik Susi Air, perusahaan maskapai penerbangan yang banyak melayani rute-rute terpencil dengan pesawat yang didominasi armada Cessna Grand Caravan. 

Baca Juga: Menteri KKP dukung penataan ulang pipa kabel bawah laut

Meski berlatar belakang pengusaha industri penerbangan, Susi juga berpengalaman di sektor perikanan. Sebelum terjun di bisnis maskapai, wanita asal Pangandaran ini merupakan pedagang hasil perikanan yang cukup sukses di Jawa Barat. 

Masa sekolah Susi hanya lulus SMP dan tak tamat SMA. Sempat mengenyam pendidikan di SMA 1 di Yogyakarta, namun hanya sampai kelas 2. Susi lalu beralih menjadi pedagang. 

Bermodal bisnis maskapai yang sukses besar dan pengalaman panjang di bidang perikanan, membuat namanya diperhitungkan masuk dalam Kabinet Kerja di periode pertama pemerintahan Presiden Joko Widodo (Widodo) dari kalangan profesional. 

Sejumlah gebrakan dilakukannya di KKP selama 5 tahun jabatannya. Salah satu yang paling diingat publik yaitu pemberantasan aktivitas illegal fishing yang marak terjadi perairan Indonesia. 

Baca Juga: KPK tetapkan Bupati Kutai Timur tersangka suap, ini rincian kekayaannya

Ketimbang menyita kapal pencuri ikan dilelang atau dihibahkan, Susi memilih kebijakan penenggelaman kapal pencuri ikan sebagai efek jera. Belakangan, Susi tak lagi dipilih sebagai menteri. Dia kini lebih sibuk mengurusi bisnis maskapai Susi Air. Susi juga akhir-akhir ini intens mencuit sesuatu yang jadi perhatiannya di media sosial miliknya. 

Lalu, sebagai pemilik maskapai Susi Air dan mantan Menteri KKP, berapa harta kekayaan Susi Pudjiastuti? 

Sebelum menanggalkan jabatannya sebagai menteri kabinet, Susi sempat melaporkan harta kekayaannya di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 5 November 2019. 

Laporan LHKPN dilakukan untuk akhir masa jabatan setelah tak lagi duduk di eksekutif. Dalam laporan Susi, total kekayaannya yakni sebesar Rp 78 miliar atau tepatnya Rp 78.188.942.118. 

Baca Juga: Nilai kekayaan Jeff Bezos capai rekor lagi, menembus Rp 2.526 triliun

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru