Punya Rencana Bangun Rumah? Cek Jenis Keramik yang Mau Dipakai Biar Tidak Salah Pakai

Selasa, 07 November 2023 | 15:35 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Punya Rencana Bangun Rumah? Cek Jenis Keramik yang Mau Dipakai Biar Tidak Salah Pakai

ILUSTRASI. Punya Rencana Bangun Rumah? Cek Jenis Keramik yang Mau Dipakai Biar Tidak Salah Pakai.


Jenis-Jenis Keramik -  Bagi Anda yang memiliki rencana untuk membangun atau merenovasi rumah, Anda perlu mengetahui jenis keramik yang akan dipakai pada rumah Anda. 

Menggunakan keramik yang tepat sesuai fungsinya akan membuat perawatan ruangan atau rumah menjadi lebih mudah. 

Selain sebagai lantai, keramik juga sering digunakan untuk mempercantik tembok. Sayangnya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui perbedaan keramik untuk lantai dengan tembok. 

Berikut ini jenis-jenis keramik serta fungsinya, menurut Heru G., guru Jurusan Keramik, SMKN 5 Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), dirangkum dari situs Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek

Baca Juga: BUMN Bank BRI Buka Lowongan Kerja Terbaru November 2023, Cek Syaratnya Ini

Keramik lantai

Keramik lantai merupakan salah satu keramik yang kerap digunakan untuk menutupi lantai rumah atau bangunan. 

Keramik lantai pada umumnya lebih tebal dibandingkan jenis keramik lainnya. Hal ini dikarenakan keramik lantai berfungsi untuk menahan beban manusia ataupun barang-barang yang ada di atasnya. 

Tekstur dari keramik ini licin dan halus sehingga memudahkan kita saat hendak membersihkannya.

Keramik dinding

Berbeda dengan keramik lantai, fungsi dari keramik dinding ini adalah untuk dekorasi. 

Tekstur keramik dinding ini sama seperti keramik lantai yang membedakan ialah motifnya di mana motif keramik dinding jauh lebih estetik dibandingkan keramik lantai.

Keramik outdoor

Tidak hanya ruangan dalam yang membutuhkan kehadiran keramik. Ruangan yang berada di luar pun membutuhkan kontribusi dari keramik. 

Selain dapat membuat rumah kita menjadi lebih bersih kehadiran keramik untuk ruangan luar juga dapat membuat rumah kita menjadi lebih indah. 

Jika kalian ingin menggunakan keramik untuk outdoor pilihlah keramik yang tidak kasar, memiliki ketebalan yang cukup, tahan terhadap perubahan cuaca, dan tahan terhadap bahan-bahan kimia.

Baca Juga: 9 Tips Memilih Kampus Buat Siswa yang Akan Lulus SMA/SMK, Cek Apa Saja

Keramik dapur

Sama seperti keramik dinding, keramik dapur berfungsi untuk menjadikan dapur rumahmu menjadi lebih menarik dan indah. 

Selain itu, pemakaian keramik dapur akan memudahkan kalian untuk membersihkannya dari noda-noda bekas aktivitas memasak kalian.

Keramik kamar mandi

Selain ruang utama dan dapur, kamar mandi menjadi salah satu ruang yang perlu dilapisi oleh keramik. Keadaan lantai yang hampir setiap waktu basah ini akan membuat lantai kamar mandi licin. 

Oleh karena itu, penggunaan keramik yang tepat dapat meminimalisir lantai licin. Ciri-ciri keramik kamar mandi ialah teksturnya lebih kasar dan tidak terlalu tebal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru