Edukasi

Ragam jenis sistem pernapasan yang dimiliki hewan dan penjelasannya

Minggu, 25 Oktober 2020 | 12:05 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ragam jenis sistem pernapasan yang dimiliki hewan dan penjelasannya

KONTAN.CO.ID -  Setiap makhluk hidup membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup. Untuk mendapatkan oksigen, dibutuhkan sistem pernapasan di dalam tubuh. Baik hewan, tumbuhan dan manusia memiliki sistem pernapasannya sendiri.  

Hewan memiliki sistem pernapasan yang berbeda dengan tumbuhan. Meskipun sama-sama hewan, mereka memiliki banyak perbedaan. Perbedaan tersebut terlihat dari habitat hingga organ tubuh mereka. 

Salah satunya adalah sistem pernapasan. Sistem pernapasan mereka beragam tergantung dengan dimana mereka tinggal. Perbedaan ini membuat hewan bisa hidup sesuai dengan habitatnya.  

Apa saja macam-macam sistem pernapasan pada hewan? Simak ragam sistem pernapasan pada hewan yang dirangkum KONTAN.co.id dari Lumen Learning dan Encyclopedia Britannica

Sistem pernapasan pada hewan, paru-paru

Paru-paru

Mamalia, burung dan sebagian amfibi menggunakan paru-paru untuk bernafas. Baik mamalia darat maupun air memiliki paru-paru. 

Paus dan lumba-lumba merupakan contoh mamalia laut. Untuk mendapatkan oksigen, mereka sesekali muncul ke permukaan. 

Berbeda dengan mamalia, alat pernapasan pada burung sedikit berbeda. Burung memiliki satu organ tambahan sebagai alat pernapasan. Saat tidak terbang, burung menggunakan paru-paru untuk bernafas. 

Sedangkan saat terbang, pundi-pundi udara membantu burung untuk bernafas. Organ ini merupakan kantung yang berfungsi menyimpan udara. 

Katak merupakan salah satu amfibi yang bernafas dengan paru-paru. Saat masih berbentuk kecebong, mereka menggunakan insang untuk bernafas. Jika sudah menjadi katak dewasa, mereka menggunakan paru-paru untuk bernafas. 

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru