Otomotif

Ramai Diskon Mobil pada Awal Tahun, Bagaimana dengan Daihatsu?

Senin, 23 Januari 2023 | 10:23 WIB   Reporter: Dimas Andi
Ramai Diskon Mobil pada Awal Tahun, Bagaimana dengan Daihatsu?

ILUSTRASI. Suasana booth Daihatsu pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Banten.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah produk mobil yang dijual di dealer dikenakan diskon pada awal tahun 2023, tak terkecuali Daihatsu.

Dilansir Kompas.com, harga mobil Daihatsu Xenia di salah satu dealer Daihatsu di Jakarta Selatan diberikan potongan harga mulai dari Rp 19 juta sampai Rp 24 jutaan.

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengatakan, setiap periode awal tahun biasanya dealer-dealer masih memiliki sisa stok mobil dengan Nomor Identifikasi Kendaraan (NIK) tahun sebelumnya.

Baca Juga: Pilihan Harga Mobil Bekas di Bawah Rp 100 Juta, Dapat MPV hingga SUV Lawas

Penjualan sisa stok mobil ini sebenarnya akan lebih menguntungkan bagi konsumen, terutama konsumen yang sangat memperhatikan aspek harga.

Maklum, harga OTR mobil pada tiap Januari biasanya akan sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan harga OTR pada akhir tahun atau bulan Desember. Hal ini bisa terjadi lantaran ada penyesuaian tarif Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) yang baru.

Alhasil, keberadaan diskon yang lebih besar dibandingkan produk dengan NIK tahun sebelumnya akan membuat konsumen tetap bisa membeli produk yang diinginkan dengan harga terjangkau.

"Itulah tujuan dari penjualan sisa stok tahun sebelumnya dengan diberikan diskon yang menarik yakni agar konsumen tetap dapat menjangkau harga OTR yang baru pada awal tahun," ungkap Hendrayadi kepada Kontan.co.id, Jumat (20/1).

Dia menambahkan, semua stok model Daihatsu dengan NIK 2022 tentunya akan diberikan diskon menarik, yang mana besarannya berbeda-beda tiap model.

Pada dasarnya, Daihatsu selalu ingin memberikan harga yang sangat terjangkau oleh calon pembelinya, sehingga dalam kebijakan harga Daihatsu sangat memperhatikan aspek harga pasar yang kompetitif.

Baca Juga: Daihatsu Pertahankan Posisi Ke-2 di Pasar Otomotif Indonesia Selama 14 Tahun Terakhir

Tidak tertutup kemungkinan pada momen tertentu Daihatsu akan memberi diskon yang menarik lagi pada sejumlah modelnya. "Jadi ini tergantung bagaimana tingkat persaingan yang terjadi di pasar pada saat nanti," tandas dia.

Selanjutnya: Aturan Konsumsi Madu agar Efektif Meredakan Asam Lambung Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru