Otomotif

Ramai foto mantan dirkeu Jiwasraya foto dengan Porsche, berapa harga mobil tersebut?

Senin, 30 Desember 2019 | 05:49 WIB   Reporter: Dityasa H Forddanta
Ramai foto mantan dirkeu Jiwasraya foto dengan Porsche, berapa harga mobil tersebut?

ILUSTRASI. A Porsche 911 GT3 is pictured during opening of the Frankfurt Motor Show (IAA) in Frankfurt, Germany September 11, 2017. REUTERS/Kai Pfaffenbach

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya (Persero) kian pelik. Mulai dari kabar kaburnya mantan petinggi asuransi pelat merah tersebut hingga dicekalnya sejumlah nama yang diduga terkait dengan skandal gagal bayar bernilai triliunan rupiah tersebut.

Namun, ada satu hal yang menarik. Di tengah ramainya berita pencekalan, beredar foto mantan Direktur Keuangan Jiwasraya, Hary Prasetyo yang tengah bersandar di sebuah mobil yang diduga miliknya.

Itu bukan mobil murahan. Yang tengah Hary sandari adalah Porsche Carrera berpelat nomor B 911 CAB.

Baca Juga: Kejaksaan Agung akan periksa 24 saksi di Januari 2020 terkait kasus Jiwasraya

Kontan.co.id sempat menelusuri siapa pemilik mobil mewah tersebut. Namun, plat nomor tersebut tidak terdaftar dalam data pajak Samsat DKI Jakarta.

Mungkin, pelat nomor tersebut hanya untuk menunjukan seri mobil ikonik dengan mesin boxer enam silinder itu. Ya, itu Porsche 911 Carrera S Cabriolet.

Mengutip majalah otomotif asal Inggris, Autocar, varian Porsche 911 Carrera jenis hard top dibanderol mulai 82.793 poundsterling atau setara sekitar Rp 1,5 miliar.

Sedangkan versi paling murah dibanderol mulai 92.438 poundsterling atau setara sekitar Rp 1,69 miliar (kurs Rp 18.254).

Sedangkan Carrera yang sudah disematkan dengan kode S, harganya lebih mahal. Selisihnya bisa mencapai 10.000 poundsterling.

Perbedaan paling mencolok antara 911 Carrera dengan 911 Carrera S adalah, performa mesin keduanya. Porsche 911 Carrera S mampu berakselerasi 0-100 kilometer per jam (km/h) hanya dalam waktu 3,9 detik. Kecepatan maksimum oleh pabrikan mobil yang didirikan oleh Ferdinand Porsche ini mencapai 306 km/h.

Akselerasi Porsche 911 Carrera sejatinya tidak terpaut jauh, 0-100 km/h dalam 4,2 detik. Tapi, kecepatan maksimum seri ini lebih lambat, 281 km/h.

Baca Juga: Kasus Jiwasraya, Jaksa Agung: Tak menutup kemungkinan jumlah yang dicekal bertambah

Hal lain yang membuat Porsche 911 Carrera memiliki rentang yang jauh adalah, pemanis yang menempel di mobil tersebut. Ukuran pelek atau rims misalnya.

Rims dengan diameter yang lebih besar tentu membuat harga satu unit Porsche 911 Carrera baik versi hard top, cabriolet dan S menjadi lebih mahal.

Lantas, berapa harga Porsche 911 Carrea S Cabriolet setelah sampai di Indonesia?

"Barunya sekitar Rp 4 miliar," ujar Eddy, salah satu pehobi mobil eksotis kepada Kontan.co.id belum lama ini.

Ingin mencari Porsche 911 Carrera S Cabriolet bekas atawa second hand? Tentu ada. Tapi, siapkan dulu kocek sekitar Rp 2,5 miliar.


Editor: Yudho Winarto


Terbaru