Ramai notifikasi Google terus berhenti di Android, ini cara mengatasinya

Selasa, 22 Juni 2021 | 20:37 WIB Sumber: Kompas.com
Ramai notifikasi Google terus berhenti di Android, ini cara mengatasinya

ILUSTRASI. Seorang pria berjalan melewati logo Google di depan gedung perkantoran di Zurich, Swiss, Rabu (1/7/2020). REUTERS/Arnd Wiegmann.

KONTAN.CO.ID - Sejumlah pengguna Android hari ini, Selasa (22/6) mendapati ponselnya terus menerus menampilkan pop-up notifikasi error berbunyi "Google terus berhenti" atau "Google keeps stopping" dalam setelan Bahasa Inggris. 

Pop-up tersebut tetap muncul tanpa henti, meskipun aplikasi Google sudah dihentikan paksa. Selain itu, sejumlah layanan Google, seperti Search dan Gmail turut dikeluhkan tidak dapat berfungsi. 

Notifikasi serupa juga bermunculan di perangkat Android di luar Indonesia, alias berlangsung secara global. Masalah disinyalir berasal dari pembaruan terkini aplikasi Google yang menimbulkan eror. 

Google, melalui akun Twitter perusahaan, membenarkanlayanannya memang sedang mengalami gangguan, tetapi penyebabnya belum diterangkan. Google menyarankan soft reboot dengan menahan tombol power 30 detik.

"Hi Maciej, maaf Anda mengalami masalah dengan perangkat. Penting bagi kami untuk menyelesaikan masalah ini," kicau @madebygoogle menanggapi keluhan seorang pengguna Android. 

Baca Juga: Google hadapi ancaman regulasi ketat dari Uni Eropa

Untuk memperbaiki masalah "Google terus berhenti", pengguna Android di Indonesia menyarankan agar menghapus pembaruan dari aplikasi Google. Cara ini disebut ampuh menghentikan pop-up itu sehingga tak lagi muncul. 

"Aku dapat cara ini dari orang dan berhasil," aku pengguna Twitter dengan handle @kayliliput yang memiliki perangkat Xiaomi Redmi 9A.

Langkah-langkahnya: 

  1. Buka menu setting ponsel kemudian buka bagian pengelolaan aplikasi. 
  2. Cari dan buka aplikasi Google dari daftar yang muncul. 
  3. Lalu, klik menu berlambang tiga titik di pojok kanan atas dan pilih "Hapus instalan pembaruan". 
  4. Klik "Ok" di prompt yang muncul.

Namun, ini mungkin hanya solusi sementara. Perbaikan sepenuhnya boleh jadi harus menunggu Google menyalurkan update lain untuk menambal bug, seperti dalam kasus eror Android WebView beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Google luncurkan Google workspace individual

Google Indonesia lewat akun Twitter mengatakan, mereka telah menerima laporan Google App di Android tidak berfungsi seperti yang diharapkan untuk beberapa pengguna. 

"Kami sedang menyelidiki masalah ini. Mohon ditunggu kabar selanjutnya," kata Google Indonesia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Marak "Google Terus Berhenti" di Android, Begini Cara Mengatasinya"

Penulis: Conney Stephanie
Editor: Oik Yusuf

Selanjutnya: Google Foto: Cara mengunggah foto maupun video lewat komputer & Android

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru