Gadget

Rayakan ultah ke-25 tahun, intip evolusi ikon Start dan Recycle Bin sejak Windows 95

Selasa, 25 Agustus 2020 | 07:55 WIB   Penulis: Arif Budianto
Rayakan ultah ke-25 tahun, intip evolusi ikon Start dan Recycle Bin sejak Windows 95

ILUSTRASI. Rayakan ultah ke-25 tahun, intip evolusi ikon Start dan Recycle Bin sejak Windows 95


KONTAN.CO.ID - Tak terasa Windows 95 telah menginjakan usianya yang ke-25 tahun. Sistem operasi (OS) Windows 95 menginspirasi dan membantu orang mempermudah pekerjaan mereka.

Sudah berkecimpung puluhan tahun di dunia komputer, Microsoft memberikan solusi dan inovasi kepada masyarakat lewat OS Windows. Lewat antarmuka yang mudah dipahami, Windows hampir selalu digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia.

Baca Juga: Browser bawaan Windows Internet Explorer segera tutup buku akhir November mendatang

Tidak lain untuk membantu mempermudah menyelesaikan pekerjaan hingga sekedar mencari hiburan dengan bermain game atau nonton film di internet. Kemudahan yang Anda rasakan menggunakan laptop atau komputer saat ini juga tak lepas dari Windows 95.

Mengutip dari Neowin, 25 tahun yang lalu (24 Agustus 1995) Windows 95 muncul di permukaan. Lewat Windows 95 inilah tombol ikonik Windows, yakni "Start" pertama kalinya muncul.

Begitu pula ikon tempat sampah "Recycle Bin" yang saat ini masih ada di desktop kalian. Windows Explorer yang mempermudah pengguna untuk mencari file ini juga hadir di Windows 95 menggantikan file manager terdahulu.

Untuk merayakan ulang tahun Windows 95 yang ke-25 tahun, Microsoft meluncurkan video pendek. Video pendek ini bakal mengingatkan kita seperti apa perjalanan Windows 95 sejak pertama kali muncul.

Terlihat bahwa tombol Start berevolusi dari setiap versi Windows, mulai dari Windows 95 hingga yang terbaru Windows 10. Begitu pula evolusi ikon tempat sampah Recycle Bin, dari yang bentuknya klasik kini semakin fresh.

Jika Anda masih ingat, ada pula game Minesweeper dan game kartu saat ini juga masih ditemukan di Windows terbaru.

Perjalanan panjangnya tak lepas dari inovasi Microsoft yang berhasil memikat hati para pengguna setianya. Sambil bernostalgia, hal seru apa yang Anda temukan saat menggunakan Windows 95?

Editor: Arif Budianto


Terbaru