Real Madrid Dapatkan Pemain Senilai Rp 3,7 Triliun Berstatus Gratis Bebas Transfer

Selasa, 04 Juni 2024 | 21:08 WIB   Reporter: Syamsul Ashar
Real Madrid Dapatkan Pemain Senilai Rp 3,7 Triliun Berstatus Gratis Bebas Transfer

ILUSTRASI. Ilustrasi 5 Pemain Sepak Bola Termahal pada awal Juni 2024. Photo Instagram Ilustrasi KONTAN/Syamsul Ashar


SEPAK BOLA - MADRID - Nasib mujur sedang menerpa klub elite asal Spanyol Real Madrid. Setelah memenangkan piala paling bergengsi di benua Eropa, Liga Champions Eropa 2024, kini Madrid resmi mendapatkan pemain bernilai 180 juta euro atau setara Rp 3,7 triliun secara gratis lantaran pemain tersebut dalam status bebas transfer.

Ya, penyerang Timnas senior Prancis Kylian Mbappe resmi bergabung dengan Real Madrid sebagai pemain bebas transfer dengan kontrak berdurasi lima tahun. Demikian diumumkan klub La Liga tersebut pada hari Senin (3/6/2024). 

Kesepakatan ini mengakhiri saga transfer yang berlangsung bertahun-tahun, dan sang juara Eropa akhirnya berhasil mendapatkan "Galactico" terbaru mereka.

Baca Juga: Soccer-Real Madrid Sign France Captain Mbappe on Free Transfer

"Real Madrid C. F. dan Kylian Mbappe telah mencapai kesepakatan di mana ia akan menjadi pemain Real Madrid selama lima musim ke depan," kata juara Spanyol itu dalam sebuah pernyataan, menyusul kemenangan ke-15 mereka di Liga Champions.

Tak lama setelah pernyataan klub tersebut, Mbappe membagikan foto dirinya saat masih muda mengenakan seragam Real Madrid dan foto bertemunya dengan Cristiano Ronaldo di akun media sosialnya.

"Mimpi menjadi kenyataan," tulisnya. "Sangat senang dan bangga bisa bergabung dengan klub impian saya @realmadrid."

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kylian Mbappé (@k.mbappe)

"Tidak ada yang bisa mengerti betapa bahagianya saya saat ini. Tidak sabar bertemu kalian, Madridistas, dan terima kasih atas dukungan luar biasa kalian. Hala Madrid!"

Kapten tim nasional Prancis berusia 25 tahun itu telah mengumumkan bahwa ia akan meninggalkan Paris St Germain dalam sebuah video yang diunggah di platform media sosial X pada 10 Mei lalu.

Baca Juga: Resmi Ke Real Madrid, Simak Profil Kylian Mbappe Dari Awal Karir

Mbappe akan pindah ke Real Madrid pada bulan Juli mendatang ketika kontraknya dengan PSG berakhir pada 30 Juni. Namun, sang pemain akan diperkenalkan sebelum bergabung dengan skuat Prancis untuk Kejuaraan Eropa di Jerman.

Mbappe bergabung dengan tim bertabur bintang di Madrid bersama pemain-pemain seperti kandidat peraih Ballon d'Or Vinicius Jr. dan Jude Bellingham, di bawah asuhan pelatih Carlo Ancelotti - pelatih tersukses di Liga Champions dengan raihan lima gelar.

Meskipun telah memenangkan beberapa trofi bersama PSG, termasuk gelar ganda dan trigel domestik, Liga Champions masih menjadi impian Mbappe dan menjadi satu-satunya gelar besar yang tersisa untuk melengkapi karier cemerlangnya.

Mbappe meninggalkan PSG setelah tujuh tahun di klub tersebut. Ia telah memenangkan enam gelar Ligue 1 dan empat Piala Prancis, serta mengakhiri kariernya di ibu kota sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa klub dengan 256 gol.

Baca Juga: Real Madrid vs Almeria (21/1), Cek Jadwal La Liga Spanyol Pekan 21 Lainnya

Peraih trofi Piala Dunia 2018 itu mengejutkan PSG tahun lalu ketika ia mengirim surat yang menyatakan tidak akan mengambil opsi perpanjangan kontrak satu tahun yang akan berakhir pada Juni.

Surat tersebut berujung pada ketegangan dengan klub dan Mbappe sempat dikeluarkan dari skuat tim utama sebelum diaktifkan kembali.

Dengan dibiarkannya Mbappe menghabiskan tahun terakhir kontraknya, PSG tidak dapat memperoleh kembali biaya transfer 180 juta euro (sekitar Rp 2,7 triliun) yang mereka bayarkan pada 2017 untuk mendatangkannya dari AS Monaco.

Saat transfer ini selesai, Mbappe menjadi pemain termahal kedua sepanjang masa setelah mantan rekan setimnya di PSG, Neymar, yang didatangkan dari Barcelona pada 2017 dengan nilai transfer 222 juta euro.

Real Madrid sebelumnya pernah mengincar Mbappe tetapi gagal mendapatkan pemain tersebut, yang menandatangani perpanjangan kontrak dengan PSG pada Mei 2022 ketika tawaran klub Spanyol itu ditolak.

Baca Juga: Catat Link Live Streaming Real Madrid vs Almeria, Prediksi dan La Liga Spanyol

Dengan Mbappe akhirnya bergabung dalam tim mereka, Real Madrid dapat fokus untuk memperkuat dominasi mereka di La Liga, di mana mereka hanya kalah sekali musim lalu untuk memenangkan gelar dengan selisih 10 poin dan tak terkalahkan di Liga Champions.

Kylian Mbappe saat ini tercatat sebagai pemain termahal ketiga. Pemain berdarah Prancis-Kamerun ini oleh Transfermarkt.com, dihargai senilai 180 juta pounsterling. 

Mbappe adalah pria kelahiran Paris pada 20 Desember 1998 ngan postur tinggi 1,78 meter yang kini bermain di Paris Saint-germain dan akan segera pindah klub ke Real Madrid pada musim mendatang. 

Sebagai penyerang tengah, ia bermain sebanyak 77 kali bagi timnas, dan 46 gol ia raih saat bermain di Timnas Prancis, dan ikut mengangkat trofi juara dunia sepakbola FIFA World Cup pada tahun 2018.

Mbappe telah mengoleksi gelar 13 kali sebagai top score dan 7 kali liga Prancis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru